• Monday, 23 July 2018
  • BANTEN


    Provinsi Banten

     
     

    Banten adalah sebuah Provinsi di wilayah paling barat Pulau Jawa. Banten pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun menjadi Provinsi sebagai wilayah pemekaran sejak tahun 2000 melalui Undang-Undang  Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

     

     

     

     

    Wilayah Banten terletak di antara 5º7'50"-7º1'11" Lintang Selatan dan 105º1'11"-106º7'12" BujurTimur, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2000 luas wilayahBantenadalah 9.160,70 km². Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4 kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan dan 1.273 desa. Batas wilayah Provinsi Banten sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa , sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia, sebelah Timur berbatasan dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Jawa Barat dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Sunda.

    Wilayah laut Banten merupakan salah satu jalur laut potensial. Selat Sunda merupakan salah satu jalur lalu lintas laut yang strategis karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru dengan Kawasan Asia Tenggara  misalnya ThailandMalaysia dan Singapura.

    Di samping itu Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatera. Bila dikaitkan dengan posisi geografis dan pemerintahan maka wilayah Banten terutama daerah Tangerangraya (Kota TangerangKabupatenTangerang, dan Kota Tangerang Selatan) merupakan wilayah penyangga bagi Jakarta. Secara ekonomi wilayah Banten memiliki banyak industri. Wilayah Provinsi Banten juga memiliki beberapa pelabuhan laut yang dikembangkan sebagai antisipasi untuk menampung kelebihan kapasitas dari pelabuhan laut di Jakarta dan ditujukan untuk menjadi pelabuhan alternative selain Singapura.

    Hal ini terbukti dengan semakin berkembangnya pelabuhan The Port Of Banten di wilayah Anyer.

    Sebagian besarpenduduknya memeluk agama Islam dengan semangat religius yang tinggi, tetapi pemeluk agama lain dapat hidup berdampingan dengan damai.

    Potensi dan kekhasan budaya masyarakat Banten antara lain seni bela diri Pencak silatDebus, Rudad, Ubrug, TariSaman, TariTopeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung dan Lojor. Di samping itu juga terdapat peninggalan warisan leluhur antara lain Masjid Agung Banten Lama, Makam Keramat Panjang dan masih banyak peninggalan lainnya.

    Di Provinsi Banten terdapat Suku Baduy. SukuBaduyDalammerupakan suku asli Sunda Banten yang masih menjaga tradisianti modernisasi, baik cara berpakaian maupun pola hidup lainnya. Suku Baduy tinggal di kawasan Cagar Budaya Pegunungan Kendeng seluas 5.101,85 hektare di daerah Kanekes, Kecamatan LeuwidamarKabupaten Lebak. Perkampungan masyarakat Baduy umumnya terletak di daerah aliran Sungai Ciujung di Pegunungan Kendeng. Daerah ini dikenal sebagai wilayah tanah titipan dari nenek moyang, yang harus dipelihara dan dijaga baik-baik, tidak boleh dirusak.

     

     

     

     

     

     

     


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan