2020, Pemkot Akan Revitalisasi Alun-alun Kota Serang

2020, Pemkot Akan Revitalisasi Alun-alun Kota Serang

SERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang akan merevitalisasi Alun-alun Kota Serang. Hal tersebut, bahkan sudah dibahas dalam rencana program pembangunan tahun 2020.

Kepala DPRKP Kota Serang Iwan Sumardi mengatakan, untuk program revitalisasi Alun-alun Kota Serang yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di 2020, saat ini sedang dibuat perencanaannya. Salah satunya dengan meletakkan beberapa lampu hias dan pot bunga di sekitar kawasan alun-alun.

“Iya, untuk program APBD 2020, akan lebih dipercantik lagi. Maka dari itu, konsultan kami sedang bekerja untuk revitalisasi alun-alun. Tapi tetap, nanti hasilnya akan kami bahas bersama dengan tim teknis. Kemudian, akan dibahas juga dengan sejumlah OPD terkait,” katanya.

Ia menuturkan, pihaknya juga saat ini sedang menunggu investor yang akan turut membantu mengubah Alun-alun Kota Serang menjadi lebih cantik, misalnya memasang neon box Asmaul Husna, dan lampu hias di sepanjang jalan kota serta alun-alun. Kemudian, ada juga videotron sebagai pelengkap sekaligus media informasi bagi masyarakat.

“Kami juga sedang ada komunikasi dengan beberapa investor terkait investasi, untuk mengubah alun-alun, agar lebih terang lagi dengan lampu hias, seperti neon box yang sempat ada di jalan Kota Serang. Kami akan buat lagi, termasuk videotron yang ada di Alun-alun Kota Serang untuk informasi publik dan ruang sosialisasi publik. Jadi, ada dua item untuk di sana (alun-alun),” ujarnya.

Ia menambahkan, karena nilai APBD Kota Serang terbatas, pihaknya berusaha untuk melakukan kerja sama dengan investor dalam rencana pembangunan Kota Serang.

“APBD kami kan tidak begitu besar. Jadi, kami coba untuk menggandeng investor yang bisa memberikan warna baru di Kota Serang. Kalau saya keinginannya di tahun ini, tapi kembali lagi dengan OPD yang lainnya,” ucapnya.

Sementara, Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, revitalisasi tersebut, masuk dalam program pembangunan Kota Serang. Ia berharap, dalam pekerjaan pembangunan nanti, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten memberikan bantuan. Sebab, anggaran kota tidak terlalu besar untuk melakukan pembangunan yang lebih besar.

“Mudah-mudahan revitalisasi ini juga dibantu oleh provinsi. Kekuatan Kota Serang itu hanya mampu merevitalisasi yang kurang enak dilihat, kami akan buat menjadi menarik dan penambahan beberapa lampu hias. Jadi, kami percantik lagi alun-alun itu. Sisanya, saya berharap, provinsi mau membantu kota dalam pembangunan ini,” tuturnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan, Pemkot Serang akan menggandeng beberapa investor yang akan melakukan pembenahan Alun-alun Kota Serang. “Insya Allah, mudah-mudahan 2020 sudah bisa berjalan. Namun, untuk menu metropolitan area, saya kira itu membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi saya berharap, revitalisasi dan pembangunan ini dapat mewujudkan metropolitan area,” katanya.

 

Sumber : https://www.kabar-banten.com/2020-pemkot-akan-revitalisasi-alun-alun-kota-serang/