70 Persen Peserta CASN Pemprov Banten Capai ”Passing Grade”

70 Persen Peserta CASN Pemprov Banten Capai ”Passing Grade”

SERANG - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten mencatat sebanyak 70 persen dari 5.808 peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemprov Banten memenuhi passing grade atau nilai ambang batas pada seleksi kompetensi dasar (SKD) yang dilaksanakan beberapa hari lalu.

Selanjutnya, peserta tersebut akan dipilih berdasarkan ranking urutan nilai seleksi yang digelar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) tersebut.

Kepala Sub Bidang Perencanaan, Pengadaan, dan Pengangkatan pada BKD Banten Ade Nuryasin menuturkan, peserta CASN Pemprov Banten lebih banyak yang memenuhi passing grade CAT.

“Banyak yang memenuhi passing grade sih, 30 persen (tidak memenuhi passing grade), 70 persen (memenuhi passing grade),” katanya.

Meski demikian, peserta yang memenuhi passing grade tak menjamin bisa mengikuti tahapan selanjutnya berupa seleksi kompetensi bidang. Panitia CASN pusat hanya akan mengambil tiga kali kebutuhan formasi yang dilihat berdasarkan ranking nilai CAT.

“Tiga kali formasi, berarti kan kalau kita hitung dari formasi 253 itu paling 700-an yang lulus (CAT). Satu kali formasi itu kan tiga kali hitungannya. Misalkan formasi guru Bahasa Indonesia cuma satu, berarti yang diambil tiga orang,” tutunya.

Pengumuman yang lolos CAT akan disampaikan oleh pemerintah pusat melalui BKD Banten. Informasinya pengumuman tersebut kemungkinan disampaikan bulan ini.

“Nantikan oleh pusat ada pengumumannya ke kita (BKD), penyampaian hasilnya. (Jadwalnya) belum (pasti), nunggu jadwal dari pusat, kalau informasi dari dari pusat kan bulan ini, belum tahu kayaknya suka molor juga,” ucapnya.

Ia menuturkan, peserta yang lolos CAT akan mengikuti seleksi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sama dengan tes SKD, SKB juga dilaksanakan dengan cara CAT. “Sama dengan CAT juga, cuma itumah (SKB) tes kompetensi bidangnya, kalau kemarin kan umum. Yang sekarang nanti bidangnya,” ujarnya.

Ia belum bisa memastikan jadwal pelaksanaan SKB. Lagi-lagi pihaknya hanya menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Adapun tempat pelaksanaannya bisa BPSMD, Kabupaten Pandeglang atau di tempat lain.

“Belum ditentukan, iyah bisa berubah,” ucapnya.

Ia menjelaskan, saat SKD peserta diharuskan mengisi 100 soal, terdiri atas wawasan kebangsaan, tes kepribadian dan tes intelejensi umum (TIU). Soal-soal tersebut langsung dipersiapkan oleh pemerintah pusat. Daerah hanya diberikan wewenang untuk menyediakan lokasi dan peralatannya.

Kepala BKD Banten Komarudin meminta, seluruh peserta CPNS tidak tergoda oleh iming-iming pihak tertentu yang berjanji bisa meluluskan sebagai PNS dengan meminta sejumlah imbalan. Kata dia, tes CASN saat ini sudah ketat mengingat salah satu tahapan tesnya menggunakan komputer.

“Jangan mudah percaya, karena rekrutmen CASN sudang sangat ketat,” tuturnya.

Ia juga meminta seluruh peserta memantau perkembangan informasi CASN dengan mengakses website BKD maupun Pemprov Banten.

“Selalu pantau perkembangannya, kami juga selalu menginformasikan melalui website,” ujarnya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/70-persen-peserta-casn-pemprov-banten-capai-passing-grade/