Antisipasi Virus Corona, Pemprov Sisir TKA di Banten

Antisipasi Virus Corona, Pemprov Sisir TKA di Banten

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan menyisir seluruh tenaga kerja asing (TKA) di Provinsi Banten. Mereka akan melakukan cek kesehatan untuk memastikan tidak ada TKA yang terjangkit virus corona.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy sudah menugaskan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten untuk menyisir TKA di Banten.

“Saya sudah menugaskan kepada dinas terkait untuk berkoordinasi dengan keimigrasian karena kan banyak saat ini berita hoax TKA yang masuk ke Banten tanpa karantina,” katanya saat ditemui wartawan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Senin (2/3/2020).

Ia meminta kedua organisasi perangkat daerah (OPD) itu melakukan pendataan yang valid. Sehingga bisa menjadi acuan untuk mengetahui ada tidaknya TKA yang terjangkit virus corona.

“Mengantisipasi kalau memang ada WN Cina yang terindikasi ataupun mengantisipasi masuknya corona. Jadi kita jelas dulu datanya baru nanti kita informasikan langkah-langkah seperti apa,” ucapnya.

Sejauh ini pihaknya belum menemukan adanya TKA yang terjangkit virus corona. Setiap TKA yang masuk ke Banten telah melalui serangkaian pemeriksaan sesuai dengan prosedur tetap pemerintah pusat.

“Apabila ada yang di luar istilahnya Wuhan (Cina) yang masuk dikoordinasikan seperti apa dengan Kementerian Kesehatan, polanya, teknis dan lain-lain. Kalau ada kita siapkan antisipasinya seperti apa, jangan sampai kondisi masyarakat kita nanti menjadi mereka jadi khawatir, gaduh dan merasa ancaman. Virus itu kan sudah menjadi pandemik global,” tuturnya. (SN)*

 

Sumber : https://www.kabar-banten.com/antisipasi-virus-corona-pemprov-sisir-tka-di-banten/