Bakal Ada Skybridge di Alun-alun Kota Serang

Bakal Ada Skybridge di Alun-alun Kota Serang

SERANG – Pemkot Serang bakal merevitalisasi Alun-alun Barat dan Timur Kota Serang. Berdasarkan desain, anggaran yang diperlukan untuk merevitalisasi Alun-alun mencapai Rp6 miliar sampai Rp7 miliar. Salah satu yang menarik dari desain itu adalah bakal adanya skybridge atau jembatan layang di Alun-alun dengan model futuristik.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan, alasan Alun-alun direvitalisasi yakni untuk memenuhi kebutuhan ruang publik bagi masyarakat yang reprsentatif. “Alun-alun, sejak Pemkab Serang menyerahkan ke kami baru sedikit perubahan,” ujar Syafrudin usai rapat revitalisasi Alun-alun Kota Serang di aula Setda Kota Serang, Jumat (31/1).

 

Syafrudin mengatakan, selama ini, fungsi Alun-alun sangat banyak. Selain sebagai sarana berolahraga, peninggalan masa Kolonial ini juga kerap menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat Kota Serang. Hanya saja, kondisi eksisting saat ini kurang representatif sehingga perlu direvitalisasi.

Dengan direvitalisasi, ia berharap, Alun-alun yang semakin menarik tidak hanya dapat dinikmati masyarakat Kota Serang, tapi juga luar Kota Serang.

Selain sky bridge, Alun-alun itu akan dilengkapi dengan area terbuka, plaza, therapy zone, gelanggang olahraga, hingga area keluarga. Tugu yang berada di antara Alun-alun Barat dan Timur akan tetap dipertahankan tetapi dibuat dengan kemasan baru yang menarik. Selain itu, fasilitas umum itu juga akan dilengkapi dengan museum dan microlibrary.

 

Pada rapat itu, selain Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang, sejumlah OPD juga ikut serta untuk memberikan masukan. Dinas Perhubungan misalnya yang berharap agar sky bridge yang akan dibangun itu terhubung dengan jembatan penyeberangan orang yang saat ini menghubungkan Alun-alun dengan Mall Serang.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan, revitalisasi itu ditargetkan akan rampung pada 2021 nanti, apabila anggaran bantuan keuangan dari Pemprov Banten mencukupi. Namun, apabila tidak, pembangunan baru akan berakhir paa 2023 nanti.

Hanya saja, tambah Iwan, pihaknya tidak hanya akan mengandalkan bantuan keuangan Pemprov. Ia juga akan meminta bantuan ke pemerintah pusat. Bahkan, perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Serang sebagai bentuk CSR.

“Untuk saat ini, kami baru dapat info kalau bantuan Pemprov untuk Alun-alun Rp1 miliar, Rp700 juta untuk Alun-alun Timur dan Rp300 juta untuk Barat. Tapi itu belum fixed, mudah-mudahan bisa lebih,” ujarnya.

Kata dia, dengan anggaran berapapun yang ada tahun ini, revitalisasi Alun-alun akan mulai dilakukan bertahap tahun ini.

 

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/bakal-ada-skybridge-di-alun-alun-kota-serang/