Banten Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional

Banten Juara Umum Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional

SERANG – Provinsi Banten merebut gelar juara umum pada Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) VII. Kejuaraan itu berlangsung sejak Kamis (24/10) hingga Minggu (27/10), di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

     Pada kejuaraan tersebut, ada lima cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan. Yaitu sumpitan, dagongan, adangan, terompah panjang, dan egrang. Banten merebut dua medali emas dari cabor dagongan dan egrang. Kemudian, medali perunggu dari cabor adangan.

     Di bawah Banten atau di posisi kedua, di tempati kontingen Jawa Barat dengan perolehan satu emas, satu perak, dan dua perunggu. Kemudian di urutan ketiga diraih oleh kontingen DKI Jakarta dengan menyabet satu emas dan satu perunggu.

     “Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional tahun ini, Banten mendapatkan juara umum. Sebelumnya di 2017, Banten meraih juara kedua. Alhamdulillah, artinya Banten bisa meningkatkan prestasi,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten Deden Apriandhi Hartawan, Minggu (27/10).

     Deden mengapresiasi 25 atlet Banten yang diboyong pada kejuaraan tersebut. Pun juga dengan Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Banten Andika Harzrumy, serta Sekda Banten Al Muktabar yang telah men-support penuh perjuangan atlet Banten.

     “Kita patut mengapresiasi perjuangan atlet. Dan berterima kasih kepada Pak Gubernur, Wagub, dan Sekda yang telah men-support. Walau ini olahraga tradisional, tapi sama seperti prestasi. Apalagi ini tingkat nasional,” jelas Deden.

     Prestasi membanggakan tersebut, sambung Deden, juga menjadi kado spesial dari atlet olahraga tradisional Banten untuk Pemprov Banten dan masyarakat Banten pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ditetapkan setiap 28 Oktober.

     “Tepat berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda, prestasi ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi generasi muda yang lain. Agar para pemuda aktif di segala bidang. Baik olahraga prestasi, masyarakat, tradisional, berwirausaha, dan lainnya,” ungkap Deden.

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/banten-juara-umum-pekan-olahraga-tradisional-tingkat-nasional/