BI Banten Seleksi Produk UMKM Potensi Ekspor

BI Banten Seleksi Produk UMKM Potensi Ekspor

SERANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten melakukan seleksi produk UMKM dalam rangka memfasilitasi usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) potensi ekspor yang berlangsung pada 5-6 September 2019.

Para UMKM yang terpilih akan mengikuti pameran Trade Expo Indonesia (TEI) yang diselenggarakan pada 16-20 Oktober 2019 di ICE BSD, Kota Tangerang Selatan, yang digelar Kementerian Perdagangan RI.

Kegiatan seleksi produk UMKM kali ini menghadirkan kurator kenamaan di level nasional, yaitu Sugeng Untung untuk kategori kerajinan, Desiree Btari Siregar untuk kategori fashion, dan R Parikesit untuk kategori makanan. Total peserta yang mengikuti kurasi produk sebanyak 57 unit UMKM, dengan rincian sebanyak 13 unit UMKM kategori craft, 13 unit UMKM kategori fashion, dan 31 unit UMKM kategori food.

Manajer Pelaksana Pengembangan UMKM KPw BI Banten Yusi Guman Sari mengatakan, seleksi ini juga untuk database UMKM yang potensial di Banten yang akan diumumkan pada 9 September 2019. “Rencananya akan delapan UMKM yang dipilih. Mudah-mudahan ada penambahan,” katanya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, peserta kegiatan kurasi sebagian merupakan UMKM binaan, mitra KPw BI Banten dan sebagian lainnya merupakan UMKM rekomendasi dari instansi-instansi terkait pengembangan UMKM, seperti Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, Rumah Kreatif BUMN di Provinsi Banten, dan komunitas wirausahawan seperti Tangan Di Atas.

Setelah kegiatan ini, BI Banten akan menyelenggarakan beberapa pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan UMKM. “Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka pengembangan UMKM Banten go digital dan go ekspor,” katanya.

Menurutnya, dalam rangka mendukung kelancaran rangkaian kegiatan ini, BI Banten terus berupaya untuk mempererat kerja sama dan sinergi dengan Pemerintah Daerah serta instansi-instansi terkait. Hal ini tidak terlepas dari peran masing-masing instansi untuk mengangkat kelas UMKM di Banten ke level yang lebih tinggi.

“Dengan adanya rangkaian kegiatan ini, diharapkan UMKM di Banten menjadi lebih maju dan berdaya dalam berkontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Banten,” katanya.

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/bi-banten-seleksi-produk-umkm-potensi-ekspor/