Biro Umum hadiri kegiatan "Rapat Koordinasi Kelitbangan Provinsi Banten Tahun 2022"

Biro Umum hadiri kegiatan "Rapat Koordinasi Kelitbangan Provinsi Banten Tahun 2022"

Pada hari senin, tanggal 28 Maret 2022, bertempat di Ballroom Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Banten, Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Banten menghadiri “Rapat Koordinasi Kelitbangan Provinsi Banten Tahun 2022”. 

Dalam pembukaan rapat, Kurniasih, sebagai Sekretaris Badan Kebijakan Strategi Dalam Negeri (BSKDN), menyampaikan bahwa perkembangan teknologi dan perubahan zaman yang demikian cepat menuntut pemerintah untuk saling bersinergi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kebijakan-kebijakan yang dihasilkan pun harus diputuskan dengan pertimbangan yang matang, relevan, dan adaptif dengan perubahan tersebut. Hal itu hanya dapat dilakukan dengan merumuskan kebijakan yang berbasis bukti.

“Menjawab tantangan kemajuan teknologi, bukanlah sesuatu yang mudah. Sebab itu, BSKDN fokus pada penguatan strategi kebijakan pusat dan daerah dengan memberikan pembinaan, penerapan digitalisasi, dan pembentukan kelembagaan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan layanan publik. Itu (kebijakan berbasis bukti) akan meningkatkan kualitas layanan publik yang diselenggarakan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah.” ungkap Kurniasih.

Beliau mengharapkan rapat koordinasi tersebut dapat menjadi sarana yang efektif untuk terus menjalin komunikasi dan sinergitas antara pusat dan daerah.

“Kami juga mengharapkan adanya masukan dan isu strategis di daerah yang dapat kami sampaikan kepada pimpinan, guna menjadi dasar pengambilan keputusan Bapak Menteri Dalam Negeri” tambahnya. 

Mahdani selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Banten mengatakan Pemerintah Provinsi Banten telah berupaya menghadirkan beragam kebijakan berbasis bukti sebagaimana yang diarahkan BSKDN, Salah satunya ditunjukkan dalam raihan Indeks Inovasi Daerah 2021 lalu.

“Alhamdulillah, Provinsi Banten mendapat penghargaan dari Kemendagri dalam IGA (Innovation Government Award) 2021, di peringkat delapan sebagai daerah Sangat Inovatif” ungkap Mahdani.


Namun pihaknya belum berpuas diri dan bertekad untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di tahun mendatang. Oleh sebab itu pertemuan ini diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi Pemerintah Provinsi Banten untuk mendengar arahan sebagaimana yang disampaikan Sekretaris BSKDN tadi.


“Kami juga berharap arahan dari bapak-bapak Kapus atas program-program yang diinisiasi BSKDN Kemendagri, agar dapat dilaksanakan dengan baik oleh Provinsi Banten,” ucapnya lagi kepada seluruh jajaran Kepala Pusat (Kapus) Litbang Kemendagri yang hadir dalam rapat tersebut.

Facebook