BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Kekeringan

SERANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali merilis peringatan dini kekeringan ekstrem di Provinsi Banten dan Jakarta, kemarin. Pertimbangannya, terdapat daerah yang tidak diguyur hujan berturut-turut selama 60 hari hingga 20 hari kedepan (sampai 20 September mendatang).

Kekeringan ekstrem diprediksikan terjadi di Kabupaten Tangerang meliputi Mauk, Rajeg, Sepatan, dan Teluknaga; Kota Tangerang meliputi Neglasari, Benda, Batuceper, Priuk, Cibodas, Karawaci, Tangerang, Cipondoh, Pinang, dan Karangtengah. Lalu Kabupaten Pandeglang meliputi  Mandalawangi, Cigeulis, Cimanggu, Pandeglang, Cibaliung, Cikeusik, dan Kabupaten Lebak meliputi Malingping dan Bayah. Sementara di Jakarta meliputi Jakut, Jakpus, Jakbar, Jaktim, dan Jaksel.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan Yanuar Henry Pribadi mengatakan, masyarakat harus melakukan penghematan air bersih karena diprakirakan akan berkurangnya ketersediaan air bersih khususnya yang berasal dari air tanah. Terkait peluang hujan, kata dia, hujannya masih rendah atau di bawah kurang lebih 20 mm per sepuluh harian. 

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/bmkg-keluarkan-peringatan-dini-kekeringan/