Buka Kongres IV IPMA, Pj Gubernur Al Muktabar: Indonesia Dalam Posisi Bonus Demografi

Buka Kongres IV IPMA, Pj Gubernur Al Muktabar: Indonesia Dalam Posisi Bonus Demografi

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan saat Indonesia dalam posisi bonus demografi. Generasi muda sebagai generasi penerus, harus memiliki kompetensi untuk membawa Indonesia maju.

"Kita harus berperan untuk menyiapkan generasi yang akan meneruskan kita," ungkap Al Muktabar saat memberikan sambutan pada Kongres IV Ikatan Pelajar Mathla'ul Anwar (IPMA) dan Pelantikan DPP, DPW, dan DPD Gemawati Mathla'ul Anwar, di Aula PUPR Provinsi Banten KP3B Curug, Kota Serang, Sabtu (30/7/2022). "Kita perlu memberi nilai dan menempatkan diri kita pada dunia global tanpa batas," tambahnya.

Dikatakan, dalam peradaban global tanpa batas seperti saat ini, umat manusia disambungkan oleh teknologi. Melalui teknologi pula manusia bicara dan menatap kehidupan ke depan.

"Indonesia sedang berada dalam posisi bonus demografi yang harus dimanfaatkan untuk Indonesia maju," ungkap Al Muktabar. "Generasi muda harus memiliki tiga kompetensi untuk membawa Indonesia maju," tambahnya.

Menurut Al Muktabar, tiga kompetensi yang harus dimiliki generasi muda itu adalah: kemampuan kuantitatif atau matematik secara filosofis, kemampuan komunikasi atau berbahasa minimal dua bahasa internasional, serta kemampuan spiritualitas.

"Memiliki spiritualitas untuk memiliki ketenangan hati dalam arti kebahagiaan. Karena kebahagiaan tidak selalu tertambat pada unsur-unsur materiil," ungkapnya. Dikatakan, generasi muda Indonesia sedang bersiap, akan memasuki, dan terus memasuki tatanan global.

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar juga pesankan kepada generasi muda untuk memiliki jiwa wirausaha. Berusaha menjadi pemilik dan pencipta lapangan kerja. Cita-cita sebagai pekerja atau pegawai sebaiknya bukan menjadi cita-cita utama. Dikatakan, generasi muda juga jangan malu untuk bercita-cita menjadi petani. Dengan jiwa wirausaha peluang untuk maju terbuka luas.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PB Mathla'ul Anwar KH Embay Mulya Syarief mengungkapkan mempersiapkan para kader harus dilakukan secara terus menerus agar terjadi kesinambungan dalam organisasi. "Jaga baik persatuan, kita negara kesepakatan. Saat ini banyak yang mengadu domba dengan sesama  penganut maupun dengan penganut agama lain," pesannya.

 

Sumber : https://www.bantenprov.go.id/pressrealease/buka-kongres-iv-ipma-pj-gubernur-al-muktabar-indonesia-dalam-posisi-bonus-demografi

Facebook