CAT CASN Pemprov Banten Dipusatkan di Pandeglang

CAT CASN Pemprov Banten Dipusatkan di Pandeglang

SERANG, (KB).- Pemprov Banten berencana memusatkan pelaksanaan computer assisted test (CAT) seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemprov Banten berencana di Badan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang. Di tempat tersebut akan disediakan sarana menginap bagi peserta CASN yang berasal dari luar Banten.

Kepala Sub Bidang Perencanaan, Pengadaan dan Pengangkatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Ade Nuryasin mengatakan, pihaknya telah berkirim surat kepada pengelola BPSDM terkait peminjaman tempat untuk pelaksanaan CAT CASN Pemprov Banten.

Pihak BPSDM juga telah menyetujui peminjaman tersebut. “Iya lokasi CAT positif di BPSDM,” katanya, Senin (6/1/2020).

Menurutnya, perangkat lunak yang digunakan dalam tes berbasis CAT tersebut disediakan langsung oleh pemerintah pusat. Sementara untuk komputer menjadi tanggung jawab Pemprov Banten. “Software-nya dari pusat, kalau komputer (pemerintah) daerah yang harus nyiapin,” ujarnya.

Disinggung terkait anggaran yang disediakan pemprov untuk mempersiapkan komputer kebutuhan CAT, ia tak memberikan jawaban. Sementara terkait jadwal pelaksanaan CAT, ia belum bisa memastikan karena keputusannya ada di pemerintah pusat. “Belum tahu,” ujarnya.

Lokasi CAT tersebut hanya dikhususkan bagi peserta CASN Pemprov Banten. Pihaknya juga akan mempersiapkan penginapan untuk peserta CASN dari luar Banten. “Ada (CASN dari luar Banten). Kan terbuka untuk WNI (warga negara Indonesia),” ucapnya.

Peserta yang mengikuti CAT merupakan peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Setelah masa sanggah jumlah CASN Pemprov Banten yang lolos seleksi administrasi mencapai 5.808 orang. Mereka akan memperebutkan kursi yang disediakan oleh Pemprov Banten sebanyak 253, dengan komposisi 222 untuk tenaga pendidikan dan 31 untuk tenaga teknis.

Kepala BKD Banten Komarudin meminta seluruh peserta CASN tidak tergoda oleh iming-iming pihak tertentu yang berjanji bisa meluluskan sebagai ASN dengan meminta sejumlah imbalan. Kata dia, tes CASN saat ini sudah ketat mengingat salah satu tahapan tesnya menggunakan komputer. “Jangan mudah percaya, karena rekrutmen CASN sudah sangat ketat,” tuturnya.

Ia juga meminta seluruh peserta memantau perkembangan informasi CASN dengan mengakses laman BKD maupun Pemprov Banten. “Selalu pantau perkembangannya, kami juga selalu menginformasikan melalui website,” tuturnya. (SN)*

 

Sumber : https://www.kabar-banten.com/cat-casn-pemprov-banten-dipusatkan-di-pandeglang/