Chika Jadi Delegasi Banten di Duta Maritim Indonesia

Chika Jadi Delegasi Banten di Duta Maritim Indonesia

Mahasiswa Untirta asal Kabupaten Serang Chika menjadi peserta Duta Maritim Indonesia Angkatan 2 2022 . Event tersebut dilaksanakan pada 9-18 Agustus 2022 di Jakarta Pusat.

Chika ditemani rekannya Desi menjadi delegasi dari Provinsi Banten setelah menjalani segala rangkaian seleksi. Mereka terpilih dan berangkat membawa nama baik Banten di acara tersebut pada 9 Agustus 2022.

Pada 10 Agustus 2022 mereka menghadiri acara HUT Aspeksindo (Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan Dan Pesisir Seluruh Indonesia) yang ke-5 sekaligus Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) di Gedung Mina Bahari Kementerian kelautan dan perikanan. Acara kali ini mengangkat tema “Maritim Tumbuh Lebih Cepat, Maritim Bangkit Lebih Kuat” .

Acara tersebut dihadiri pengurus Aspeksindo dan perwakilan dari Kementerian Kelautan, Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian ATR BPN. Acara ini juga mengundang bupati dari daerah wilayah kepulauan dan pesisir pantai.

Pada kesempatan ini 44 peserta Duta Maritim angkatan 2 dari seluruh provinsi di Indonesia menggunakan pakaian adat dari asal daerahnya dan dilantik di hadapan para bupati daerah masing-masing.

Menurut ketua panitia, Dr. Andi Fajar Asti. M.PD.M.SC, “Dengan adanya Duta Maritim ini diharapkan bisa menjadi kader mengangkat dan mengerti akan isu kemaritiman. Karena ke depannya isu maritim ini akan menjadi isu yang diperebutkan di masa yang akan datang”.

Acara ini menjadi kebanggaan bagi seluruh peserta yang terpilih mewakili provinsi di Indonesia.

Chika yang menjadi perwakilan dari Banten juga ikut bangga bisa berada di tengah teman-teman barunya yang peduli dengan lingkungan khususnya maritim.

Menurut Chika, kegiatan ini akan menjadi event yang berkesan dan penuh dengan pembelajaran yang bisa dibawa ke daerah asalnya yaitu Provinsi Banten.

“Provinsi Banten memiliki potensi maritim yang cukup besar, namun dalam hal ini dibutuhkan pemuda generasi milenial yang ikut serta dalam memahami dan peduli akan kegiatan atau isu maritim di daerahnya. Saya bangga bisa mengikuti event ini karena ini bisa menjadi langkah awal pembekalan untuk saya agar nantinya saya bisa menjembatani minat bakat maritim ke teman-teman daerah saya," kata Chika, Rabu (10/11/2022).(Hilal)

 

Sumber : https://www.zetizens.com/nusantara/pr-4094117977/chika-jadi-delegasi-banten-di-duta-maritim-indonesia?page=all

Facebook