Dampak Banjir, Kemenag Siapkan Pengganti Ijazah dan Surat Nikah yang Hilang

Dampak Banjir, Kemenag Siapkan Pengganti Ijazah dan Surat Nikah yang Hilang

SERANG – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten siap melayani pembuatan surat keterangan pengganti ijazah madrasah dan surat nikah milik warga yang hilang atau rusak akibat banjir bandang dan longsor di wilayah Lebak.

Bagi warga yang membutuhkan dipersilakan untuk melapor ke Kantor Kemenag. “Silakan melapor. Nanti akan kami buatkan surat keterangan pengganti ijazah madrasah dan surat nikah yang hilang,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten A Bazari Syam pada kegiatan gerak jalan santai dan penggalangan dana, Rabu (8/1).

Selain itu, lanjut Bazari, pihaknya juga menginventarisir madrasah, majelis taklim, musala, masjid, dan pondok pesantren yang terdampak banjir. Karena itu dia mengajak semua pegawai untuk memberikan bantuan. Penyaluran bantuan hasil penggalangan dana akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya.

Mengenai gerak jalan santai, Bazari yang didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Lukmanul Hakim mengungkapkan, kegiatan tersebut dalam rangka Hari Amal Bakti ke-74 Kementerian Agama yang diikuti oleh pegawai dan perwakilan semua pemeluk agama. Ada Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

“Gerak jalan kerukunan ini kami ingin menyatakan kepada dunia bahwa Banten adalah daerah yang rukun,” ungkap Bazari.

Sebelumnya, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Banten Lukmanul Hakim menjelaskan, hasil pendataan madrasah, pondok pesantren, majelis taklim, musala, dan masjid yang berdampak bencana di Lebak akan dilaporkan ke Kementerian Agama di Jakarta.

 

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/dampak-banjir-kemenag-siapkan-pengganti-ijazah-dan-surat-nikah-yang-hilang/