Dewan Baru Diharapkan Tingkatkan Kinerja

Dewan Baru Diharapkan Tingkatkan Kinerja

SERANG - Anggota DPRD Kota Serang dan Kabupaten Serang periode 2019 – 2024 resmi dilantik, Selasa (3/9/2019). Meski baru dilantik, namun para wakil rakyat tersebut diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan sinergitas.

Berdasarkan pantuan, sebanyak 45 anggota DPRD Kota Serang periode 2019-2024 dilantik di gedung DPRD Kota Serang. Pimpinan dewan sementara, adalah Budi Rustandi dari partai Gerindra dan Ratu Ria Mariana dari Partai Golkar.

Ketua DPRD Kabupaten Serang sementara Budi Rustandi berharap anggota DPRD yang sudah dilantik bisa menempatkan anggaran yang berpihak kepada masyarakat.
“Saya berharap teman-teman anggota dewan yang baru ini akan lebih semangat lagi terkait mengawal kebijakan-kebijakan termasuk mengawal bagaimana anggaran lebih menyentuh terhadap rakyat kecil yang ada di kota Serang,” kata politisi Gerindra itu.

Selanjutnya, perda-perda yang masih dalam pembahasan seperti perda tentang kepariwisataan dan perda LP2B bisa secepatnya diselesaikan. Hal itu karena, kedua perda itu beluk sempat diselesaikan diperiode sebelumnya.

“Kemudian program kerja pertama kita di DPRD yang baru ini pada tanggal 5 nanti akan membentuk fraksi terlebih dahulu, baru penetapan ketua definitifnya. Baru kita menuliskan langkah-langkah rencana kerja dewan ke depan,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Serang Syafrudin ajak dewan baru untuk meningkatkan sinergitas. Sebagai ibukota Provinsi Banten, kata dia, Kota Serang memiliki cita-cita untuk melakukan percepatan pembangunan berbasis identitas dalam rangka mempromosikan daerah.

“Untuk itu DPRD Kota Serang bersama Pemkot Serang diharapkan dapat menggali potensi dan mempromosikan Kota Serang sebagai etalase Banten,” kata Syafrudin.

Sebagai etalase Provinsi Banten, kata dia, arah pembangunan Kota Serang harus selaras dengan Pemerintah Provinsi Banten dan salah satu yang menjadi perhatian yaitu terkait sistem transportasi. “Saya mengajak kepada seluruh stake holder untuk bersinergi dalam upaya dalam kemajuan daerah,” ucapnya.

Dari kabupaten Serang, pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Serang periode 2019-2024 digelar di gedung Paripurna DPRD Kabupaten Serang, Selasa (3/9/2019). Pimpinan sementara, adalah Bahrul Ulum dari Partai Golkar dan Imam Ghozali Partai Gerindra.

Pelantikan yang dilakukan tersebut dilakukan oleh ketua pengadilan negeri Serang Sigid Triyono. Hadir pada pelantikan tersebut Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD periode 2014-2019 Muhsinin, perwakilan Polres Serang, Serang Kota, Cilegon, Kodim 0602 Serang, Kodim 0623 Cilegon, kepala BUMD dan jajaran pejabat dilingkungan Pemkab Serang.

Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum mengatakan pimpinan sementara hanya bertugas untuk membentuk fraksi dan AKD. Oleh karena itu, dua tugas utama itulah yang sementara ini akan diselesaikan. “Itu kita selesaikan baru bicara hal yang lebih urgent, harapannya AKD bisa segera,” ujarnya.

Di luar dua tugas itu, apa yang telah dilakukan oleh dewan pada periode sebelumnya yang baik akan dipertahankan dan ditingkatkan. Sedangkan yang kurang baik akan diperbaiki. “Itu saya pikir sebuah komitmen yang harus dijalani bersama dan itu komitmen bukan hanya seorang ketua, tapi seluruh anggota dan eksekutif juga harus berkomitmen untuk arah yang lebih baik,” katanya.

Banyak tugas

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap dapat bersinergi dengan anggota DPRD yang baru saja dilantik. Sebab, masih banyak tugas yang harus dilakukan bersama, seperti untuk penganggaran, pengawasan kepada OPD juga fungsi legislasi. “Karena apa yang dibutuhkan di masyarakat harus disiapkan semua,” ujarnya.

Tatu mengatakan, dalam RPJMD perios dirinya bersama wakil Bupati Pandji Tirtayasa, yang menjadi prioritas adalah peningkatan IPM. Indikatornya ada pendidikan, kesehatan, daya beli dan infrastruktur. “Kami berharap anggota DPRD ini mendukung program skala prioritas kami. Karena capaian RPJMD ini tentu penilaian untuk masa bakti saya dan pak wakil,” ucapnya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy berharap anggota DPRD Kabupaten Serang periode 2019-2024 ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan Kabupaten Serang. “Dimana pembangunan secara linear harus dilakukan sinergisitas pembangunan provinsi dan Kabupaten Serang,” ujarnya.

Dirinya yakin anggota dewan yang baru ini memiliki kapasitas untuk menjalankan tiga fungsi yakni Budgeting, pengawasan dan legislasi. “Sehingga dapat memberikan efek positif bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Serang,” katanya.

Bentuk fraksi

Dari provinsi, pimpinan sementara DPRD Banten segera membentuk fraksi serta pimpinan definitive DPRD Banten periode 2019-2024. Mereka meminta agar partai politik (politik) yang memiliki kursi di DPRD Banten segera merekomendasikan nama.

“Pimpinan sementara sudah melayangkan surat pengusulan nama fraksi, pimpinan dan anggota fraksi ke seluruh partai, serta pengajuan nama calon dan ketua defenitif DPRD (Banten),” kata Ketua Sementara DPRD Banten Andra Soni, Selasa (3/9/2019).

Mengingat waktu yang terbatas, ia meminta rekomendasi nama-nama fraksi dan pimpinan definitif segera dilaksanakan. “Secepatnya, semakin cepat semakin baik. InsyaAllah setelah fraksi terbentuk maka salah satu tugas pimpinan sementara selesai berlanjut (ke pimpinan definitif),” katanya.

Adapun parpol yang berhak duduk di kursi pimpinan DPRD Banten antara lain Partai Gerindra, PDIP, Golkar, PKS dan Demokrat. “Kalau pimpinan defenitif sudah masuk suratnya dari Gerindra, PDIP, Golkar, PKS dan Demokrat maka sekretariat akan mengajukannya kepada kemendagri untuk ditetapkan,” ujarnya.

Terkait nama-nama pimpinan DPRD Banten, ia mengaku, belum mengetahuinya. Sebab, parpol belum menyerahkannya. “Justru itu kita menunggu suratnya. Karena domain partai tersebut yang mengajukan nama,” katanya.

Terkait Alat Kelengkapan Dewan (AKD), ia menuturkan, penetapannya hanya bisa dilakukan oleh pimpinan defenitif. ” Aturanya begitu, krena itu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan belum bisa berjalan kalau tahap tahapan itu belum,” ucapnya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/dewan-baru-diharapkan-tingkatkan-kinerja/