DPRD Banten Gelar Paripurna Pertama, Sembilan Fraksi Terbentuk

DPRD Banten Gelar Paripurna Pertama, Sembilan Fraksi Terbentuk

SERANG - Sebanyak sembilan fraksi DPRD Banten terbentuk. Kesembilan fraksi tersebut diumumkan dalam rapat paripurna pertama agenda Pengumuman Fraksi-fraksi DPRD Banten Provinsi Banten periode 2019-2024, di Ruang Paripurna DPRD Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Dalam paripurna tersebut, DPRD Banten mengumumkan nama fraksi berikut ketua, wakil ketua, sekretaris dan nama-nama anggota fraksi. Adapun nama-nama fraksi berikut ketuanya yaitu Fraksi Gerindra H. Agus Supriyatna, Fraksi PDIP Muhlis, Fraksi Golkar H. Suparman, PKS H. Juhaeni M. Rois, Fraksi Demokrat Mahpudin, Fraksi PKB Ahmad Fauzi, PAN H. Dede Rohana Putra, Fraksi PPP H. Iskandar dan Fraksi Nasdem-PSI H. Furtasan Ali Yusuf.

Ketua Sementara DPRD Banten Andra Soni mengajak seluruh anggota DPRD Banten yang baru untuk bekerja dengan proporsional dan profesional, dilandasi dengan kebersamaan demi kepentingan bersama. Hal itu untuk mewujudkan DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat yang kredibel, berkualitas serta mampu mengemban tanggung jawab guna mewujudkan Banten yang maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera, dan berakhlakul karimah.

Disinggung terkait kehadiran anggota DPRD Banten yang sempat jadi sorotan pada DPRD Banten periode sebelumnya, ia mengatakan akan menyampaikan kepada fraksi masing-masing agar mengoptimalkan kehadiran. “Dan nanti juga BK (Badan Kehormatan) akan kami optimalkan perannya,” ujarnya.

Dia menuturkan, mereka yang tidak hadir sudah melayangkan izin. Alasannya, mengikuti kegiatan yang sedang dilaksanakan partai. “Gini yang hadir sebelum paripurna 61, ada yang terlambat sekitar 7 orang,” katanya.

Setelah penetapan fraksi, pimpinan sementara akan segera menetapkan pimpinan definitif dan dilanjutkan dengan penetapan alat kelengkapan dewan (AKD). “Fraksi berarti sudah nih, kami melakukan rapat konsolidasi dengan masing masing fraksi. Salah yang mau kita rapatkan hari ini (kemarin) adalah meminta kami dikomunikasikan dengan masing-masing partai, supaya surat (pimpinan) definitif bisa segera masuk,” katanya.

Rekomendasi pimpinan yang sudah diterimanya baru dari Partai Gerindra dan PKS. “Soal namanya nanti kan diumumin, kita agendakan secepatnya tapi nunggu yang lain,” kata pria yang juga politikus Partai Gerindra ini.

Ia ingin rekomendasi pimpinan definitif dari partai politik segera masuk, agar agenda pelantikan pimpinan definitif di DPRD Banten bisa segera dilakukan.”Saya yakin sudah, kan ini cuma proses internal saja karena ini berhubungan dengan kebijakan masing-masing partai menempatkan, kami yakin dalam waktu dekat selesai,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim berharap terbentuknya susunan fraksi-fraksi DPRD Provinsi Banten dapat lebih mempercepat kinerja DPRD dalam memfasilitasi kebijakan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. “Karena baik eksekutif maupun legislatif, itu sama-sama bekerja untuk kepentingan masyarakat,” tuturnya.

 

Susunan Ketua dan Fraksi DPRD Banten Periode 2019 – 2024

Fraksi Ketua

Gerindra H. Agus Supriyatna
PDIP Muhlis
Golkar H. Suparman
PKS H. Juhaeni M. Rois
Demokrat Mahpudin
PKB Ahmad Fauzi
PAN H. Dede Rohana Putra
PPP H. Iskandar
Nasdem-PSI H. Furtasan Ali Yusuf

 

Sumber : https://www.kabar-banten.com/dprd-banten-gelar-paripurna-pertama-sembilan-fraksi-terbentuk/