Dubes Arab Saudi ke Banten, Jajaki Peluang Investasi

Dubes Arab Saudi ke Banten, Jajaki Peluang Investasi

Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Isham Ahmad Abid Ats-Tsaqafy mengunjungi Sekretariat DPRD Banten, Kota Serang, Rabu (11/9/2019). Dalam kunjungan tersebut terdapat beberapa peluang kerja sama yang dibahas, di antaranya terkait kebudayaan, investasi, hingga program studi banding.

Dubes Saudi diterima Ketua Sementara DPRD Banten Andra Soni, Anggota DPRD Banten Fraksi Partai Gerindra H. Anda Suhanda, Sekretaris DPRD Banten E. A Deni Hermawan, beserta jajaran DPRD Banten.

Ketua DPRD Banten Andra Soni mengatakan, kunjungan tersebut tidak terdaftar dalam agenda kegiatan. Meski begitu, pihaknya menyambut baik dan mengapresiasi atas kunjungan Dubes Saudi tersebut.

“Kami senang sekali, tentu kami menerima dengan terbuka dan banyak diskusi tadi terkait dengan perkembangan Islam di Banten, serta situs Islam di Banten. Kami juga ceritakan tentang Banten Lama, dan sayang waktunya sangat terbatas sehingga mungkin pada waktu yang akan datang akan kembali menyempatkan datang ke tempat-tempat wisata yang ada di Provinsi Banten,” tuturnya.

Pihaknya membuka diri untuk peluang kerja sama investasi yang ditawarkan oleh Dubes Arab Saudi. Ia mengungkapkan, pihak Dubes akan menyampaikan kepada kamar dagang di negaranya untuk melakukan kajian terhadap peluang usaha di Provinsi Banten.

“Mereka berjanji akan menyampaikan kepada kamar dagang di negaranya untuk melakukan sebuah kajian dan terhadap peluang usaha di Provinsi Banten,” ujarnya.

Ia berharap kunjungan tersebut dapat memberikan manfaat untuk Provinsi Banten, khususnya terkait peluang membangun persahabatan antara Provinsi Banten dengan Kerajaan Arab Saudi.

“Mudah-mudahan kunjungan yang mendadak tadi bermanfaat. Karena tadi mereka tersendiri yang berkunjung ke kita harapannya tentu kunjungan tadi bermanfaat untuk kita semua,” tuturnya.

Anggota DPRD Banten Fraksi Partai Gerindra H. Anda Suhanda menuturkan, Dubes Saudi akan mendorong pengusaha Arab Saudi untuk mengkaji peluang-peluang kerja sama dengan Provinsi Banten, baik di bidang industri, pariwisata, hingga pendidikan.

“Jadi mereka akan mendorong pengusaha Arab Saudi untuk mengkaji peluang-peluang terkait industri, pariwisata dan pendidikan. Dan mereka juga akan memberikan referensi kepada para donator di luar kelembagaan yang mencari tempat untuk membangun masjid serta gedung pendidikan Islam. Referensi di Provinsi Banten tentu kami akan menyupport akan mempermudah,” katanya.

Di hari yang sama, Dubes Saudi Isham Ahmad Abid Ats-Tsaqafy juga mengisi kuliah umum tahun akademik 2019/2020 di kampus UIN SMH Banten. Kuliah umum tersebut bertemakan ”Hubungan Indonesia-Arab Saudi dan Visi 2030″.

Rektor UIN Banten Prof. Fauzul Iman mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan ini selain untuk menjalin hubungan baik antara UIN Banten dengan Dubes Saudi, juga untuk memberikan kegiatan rutin kepada mahasiswa agar bisa berkomunikasi berbahasa Arab.

“Kerja sama ini sudah lama dirancang, bahkan Dubes Arab ini sudah beberapa kali memberikan bantuan berupa beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi,” ucapnya.
Selain memberikan kuliah umum, Syeikh Ishom berbincang dengan Fauzul mengenai situasi ekonomi, pendidikan, dan hubungan bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

Waki Rektor III UIN SMH Banten Wawan Wahyudin berterima kasih kepada Dubes Saudi yang telah hadir untuk kali keempat di UIN Banten.

“Selain yang telah dikatakan oleh rektor tadi, saya juga berharap tidak hanya berbentuk materi saja, tapi ada peningkatan mutu sumber daya mahasiswa yang terus berkembang dengan pesat. Seperti bisa dengan student exchange antar mahasiswa kedua belah pihak negara, terutama dengan penguasaan berbahasa formal Inggris dan Arab,” ujarnya.

Wawan mengajak seluruh warga Banten khususnya mahasiswa UIN Banten agar menempuh pendidikan tinggi dan menjaga peradaban Islam yang rahmatan lil alamin.

“Karena kami warga Banten mempunyai visi-misi iman, takwa dan berakhlakul karimah. Maka dari itu, peran dan fungsi mahasiswa sangat dibutuhkan bagi bangsa, negara dan agama. Jangan meremehkan tanggung jawab itu saya tekankan kepada mahasiswa kami, hayuk sama-sama kita bangun itu,” tuturnya. (Sutisna/Azzam)*

Sumber : https://www.kabar-banten.com/dubes-arab-saudi-ke-banten-jajaki-peluang-investasi/