Estimasi Pendapatan Daerah Serang Naik

Estimasi Pendapatan Daerah Serang Naik

SERANG – Pemkab Serang bersama DPRD Kabupaten Serang sudah selesai membahas rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) melalui rapat Badan Anggaran (Banggar). Hasilnya, terjadi kenaikan pada estimasi pendapatan daerah dan belanja daerah.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Mansur Barmawi mengatakan, pendapatan daerah diestimasikan sebesar Rp2,9 triliun dari sebelumnya Rp2,54 triliun. Kenaikan itu karena ada beberapa objek pajak yang targetnya naik. “Hasil diskusi kami, akhirnya estimasi pendapatan daerah dinaikan menjadi Rp2,9 triliun,” katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (18/11).

Kemudian, lanjut Mansur, kenaikan juga tejadi pada estimasi belanja daerah. Dari sebelumnya diestimasikan Rp2,75 triliun naik menjadi Rp3,1 triliun. Untuk pos anggaran belanja modal juga mengalami kenaikan. “Terjadi defisit Rp133 miliar,” ujarnya.

Pada APBD 2020, kata Mansur, penggunaan anggaran difokuskan untuk menuntaskan rencana program jangka menengah daerah (RPJMD). Mulai dari penyelesaian pembangunan infrastruktur dan pembangunan lainnya. “Untuk pembangunan jalan sudah kita anggarkan sesuai dengan perda percepatan pembangunan infrastruktur, 100 kilometer,” terangnya.

Karena itu, lanjut Mansur, beberapa pos anggaran untuk organisasi perangkat daerah (OPD) digeser untuk pembangunan prioritas. “Anggaran OPD minim dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang pasti hampir semua OPD ada yang digeser anggarannya,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 juga membebani APBD Kabupaten Serang. Untuk penyelenggaraan Pilkada itu, Pemkab Serang mengucurkan anggaran hingga Rp100 miliar unutk KPU dan Bawaslu. “Anggarannya banyak yang dialihkan untuk Pilkada 2020,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Anggota DPRD Kabupaten Serang Fraksi Golkar Ahmad Zaeni menambahkan, dari 601 kilometer jalan kabupaten, saat ini tersisa 120 kilometer yang belum dibeton. Pada pembahasan anggaran, jalan kabupaten itu akan diselesaikan pada 2020. “Kita sudah siapkan anggarannya, sebesar Rp325 miliar, jadi pada 2020 jalan kabupaten sudah selesai semua,” katanya.

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/estimasi-pendapatan-daerah-serang-naik/