Forum Data Statistik Sektoral dengan Tema “Pembinaan Statistik Sektoral” di Ruang Rapat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten.

Forum Data Statistik Sektoral dengan Tema “Pembinaan Statistik Sektoral” di Ruang Rapat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten.

Serang (19/7) - Pada masa sekarang ini keberadaan data menjadi sangat penting. Data digunakan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi dalam setiap kegiatan. Dalam pembangunan di daerah, untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan ditunjukkan dengan data yang menjadi indikator-indikator pembangunan.

Pengelolaan data statistik sektoral merupakan salah satu inisiasi dari kebijakan Satu Data Indonesia yang sangat dibutuhkan untuk menyatukan seluruh informasi data statistik sektoral sehingga tidak terdapat lagi perbedaan data yang tumpang tindih.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Provinsi Banten Ir. Hj. Eneng Nurcahyati saat membuka secara resmi kegiatan Forum Data Statistik Sektoral dengan Tema “Pembinaan Statistik Sektoral” di Ruang Rapat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten. 

“Kebijakan data statistik diarahkan untuk mewujudkan ketersediaan data dan informasi statistik yang berkualitas dengan kriteria akurat, cepat, relevan, aktual, tepat waktu serta mudah diakses” ujarnya.

Dikatakannya, tujuan pelaksanaan kegiatan antara lain membangun koordinasi tentang penyediaan metadata, memperkuat tata kelola data statistik sektoral sebagaimana prinsip Satu Data Indonesia, mendukung keterbukaan informasi data, dan meningkatkan komitmen dalam menyediakan data berkualitas.

Ia juga meminta dukungan dari peserta sosialisasi dalam pengelolaan data agar bekerjasama untuk menghasilkan data yang berkualitas.

Facebook