Hasil Evaluasi Pemprov Banten, BOS Kota Serang Ditambah

Hasil Evaluasi Pemprov Banten, BOS Kota Serang Ditambah

SERANG - Hasil dari evaluasi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Serang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, terdapat beberapa revisi, di antaranya penambahan pos anggaran untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi Rp 73,957 miliar.

Kepala BPKAD Kota Serang Wachyu B Kristiawan menjelaskan, sebelumnya pos anggaran untuk dana BOS 2020 belum tersedia. Sebab, pagu anggaran APBD 2020 belum muncul pada awal anggaran. Kemudian, dalam evaluasi RAPBD, besaran dana BOS sebesar Rp 73,8 miliar.

“Dan dalam evaluasi juga, ada tambahan bagi hasil dari Pemerintah Pusat sebesar Rp 157 juta. Jadi, dana BOS yang muncul sebesar Rp 73,8 miliar ditambah Rp 157 juta, menjadi Rp 73,957. Angka ini harus dimasukkan ke pagu APBD 2020, karena dalam rancangan APBD itu belum ada pagu anggaran. Nah, untuk saat ini sudah keluar pagu anggaran untuk dana BOS 2020, sebesar itu tadi, Rp 73,9 miliar,” katanya, Senin (16/12/2019).

Selain itu, terdapat penambahan pajak dan beberapa pergeseran pos anggaran, yang akan dialokasikan kepada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Sebab, pada diklat ASN yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, ada kekurangan anggaran sebesar 0,16 persen.

“Jadi, memang hasil evaluasi, diklat ASN ada kekurangan sebesar 0,16 persen saja. Nah, kami masukkan juga ke situ (BKPSDM). Tapi itu pun masih menunggu persetujuan dari pihak badan anggaran. Jadi, kami pun masih menunggu untuk memasukkan anggaran tersebut. Tentunya kami berharap, dapat disetujui,” tuturnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin menuturkan, hasil dari evaluasi tersebut, telah dirapatkan bersama dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang. Hal tersebut merupakan tindak lanjut revisi sebelum dibahas bersama dengan DPRD Kota Serang.

“Ini tindak lanjut hasil dari evaluasi gubernur. Di mana ada beberapa hal untuk menindaklanjuti catatan yang diberikan. Hasil dari rapatnya ada beberapa revisi, seperti penambahan dana BOS dan peralihan anggaran bagi hasil sekitar Rp 73,9 miliar,” ucapnya seusai rapat koordinasi di Ruang Rapat Bappeda Kota Serang, Senin (16/12/2019).

Rapat tersebut, dia menjelaskan, merupakan penyempurnaan dari RAPBD hasil dari Pemprov Banten. “Intinya, rapat ini merupakan penyempurnaan dari hasil evaluasi di provinsi. Besok (Selasa, 17/12/2019) insyaallah kami akan bertemu dengan Badan Anggaran DPRD Kota Serang, terkait hasil rapat kami ini,” tuturnya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/hasil-evaluasi-pemprov-banten-bos-kota-serang-ditambah/