HUT Provinsi Banten Kembali Digelar di Eks Kesultanan

HUT Provinsi Banten Kembali Digelar di Eks Kesultanan

SERANG, - Pemprov Banten berencana kembali melaksanakan HUT Provinsi Banten ke-19 pada bulan Oktober, di Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Di eks Kesultanan Banten ini, pemprov akan menggelar upacara peringatan HUT Provinsi Banten ke-19. Sementara untuk kegiatan hiburan rencananya dipusatkan di Kawasan Pusat Pemeritnahan Pemerintah Provinsi Banten (KP3B).

Diketahui, pada HUT ke-18 Provinsi Banten pemprov juga melaksanakan berbagai kegiatan di Banten Lama, mulai ziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanudin, upacara peringatan HUT ke-18 Provinsi Banten dan pesta rakyat.

Pesta rakyat yang dilaksanakan meliputi pasar murah, gelar produk UMKM dan kuliner jajanan pasar. Selain itu ada juga beberapa pentas seni pentas seni budaya berupa rampak bedug dan terbang gede. Gelar produk UMKM dilaksanakan di Alun-alun bersamaan dengan Banten Expo. Beragam produk mulai dari kosmetik hingga perlengkapan banyak dipamerkan.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menuturkan, rangkaian kegiatan HUT Provinsi Banten ke-19 masih dalam pembahasan. Meskidemikian, pemprov sudah merancang kegiatan yang akan masuk. Di antaranya acara inti dan hiburan.

“Yang penting tadi bagaimana rangkaian HUT Banten ini dipersiapkan yang pertama untuk mengekspose apa yang telah dikerjakan pemprov selama ini. Dan juga bagaimana kami memberikan beberapa even hiburan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain bentuk kegiatan, pidato Gubernur Banten pada paripurna HUT Provinsi Banten nanti juga masih dirumuskan. “Kegiatannya masih dikoordnasikan, masih pembahasan termasuk pidato gubernur dalam HUT Banten nanti,” ujarnya.

Terkait tempatnya, mantan Anggota DPR RI ini mengatakan, sudah ada dua tempat yang masuk pertimbangan, yaitu Banten Lama dan KP3B. “Mungkin pada saat upacara itu di Kesultanan, dan pada saat panggung hiburan itu di KP3B, rangkaian acarnya kan rapat paripurna di DPRD Banten,” ujarnya.

Terkait susunan panitia, ia juga mengatakan, sampai kemarin belum terbentuk. Kemungkinannya Sekda Banten Al Muktabar akan didapuk menjadi ketua pelaksana. “SK nya belum diputuskan, nanti kalau ada SK kan belum inikan. Nanti kalau ada setelah disusunkan, mungkin pa Sekda, tapi belum ada SK nya,” katanya.

Terpisah, Ketua Kumala Perwakilan Serang Rusmani berharap, HUT ke-19 Provinsi Banten ini tidak sebatas seremonial. Melainkan momentum untuk mengkaji sejauh mana pembangunan yang sudah dilaksanakan Provinsi Banten.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/hut-provinsi-banten-kembali-digelar-di-eks-kesultanan/