Ini Prestasi DPRD Kabupaten Serang

Ini Prestasi DPRD Kabupaten Serang

SERANG - Anggota DPRD Kabupaten Serang periode 2014-2019 resmi diberhentikan, kemudian diangkat anggota dewan periode 2019-2024, Selasa (3/9/2019). Sejumlah prestasi dan kinerja telah dilakukan oleh para anggota dewan periode 2014-2019.

Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin mengatakan, anggota dewan periode 2014-2019 telah melaksanakan pengabdian sebagai wakil rakyat. Dimana dalam pelaksanaannya pihaknya telah menerima, memproses dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Ini tidak lepas dari peran aktif kami anggota DPRD dan membangun hubungan harmonis dengan Pemda,” ujarnya saat membuka rapat paripurna dengan agenda Peresmian pemberhentian anggota DPRD Kabupaten Serang periode 2014-2019 dan peresmian pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Serang periode 2019-2024 di gedung paripurna.

Hadir pada paripurna tersebut wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Ketua DPRD Kabupaten Serang Muhsinin, perwakilan Polres Serang, Polres Serang Kota, Polres Cilegon, Kodim 0602 Serang, Kodim 0623 Cilegon, dan 50 anggota dewan terpilih serta jajaran stakeholder.

Dalam perjalanannya sebagai anggota dewan kata Muhsinin, selama kurun waktu lima tahun tentu banyak dinamika. Baik permasalahan, tantangan maupun keberhasilan yang dapat mendorong prestasi yang di raih Pemda. Khususnya dalam pengabdian menjalankan tiga tugas pokok dan fungsi yakni pembentukan peraturan daerah (perda), anggaran dan pengawasan.

Untuk tugas pembentukan perda, selama lima tahun berhasil membentuk 50 perda usulan bupati Serang dan 13 perda usulan DPRD. Untuk fungsi anggaran, selama lima tahun telah menghasilkan peningkatan APBD baik dalam sisi jumlah pendapatan mau pun belanja daerah.

“Saat memulai sebagai anggota dewan tahun 2014, APBD hanya berjumlah Rp 1,820 triliun. Dan di penghujung kami 2019 APBD menjadi Rp 3,397 triliun dan pada periode kami pula prestasi pengelolaan keuangan daerah mencapai prestasi WTP dan dipertahankan sebanyak delapan kali,” tuturnya.

Untuk fungsi pengawasan, kata dia, selama ini telah dilaksanakan oleh komisi DPRD. Bahkan banyak hasil pengawasan yang sudah ditindak lanjuti. “Hasil pengawasan telah banyak dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/ini-prestasi-dprd-kabupaten-serang/