Jelang Rekrutmen CASN, Masyarakat Diimbau Waspadai Penipuan

Jelang Rekrutmen CASN, Masyarakat Diimbau Waspadai Penipuan

SERANG, (KB).- Menjelang rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mengimbau masyarakat, untuk tidak memercayai modus memuluskan jalan menjadi ASN di luar ketentuan.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, rekrutmen CASN yang akan segera dibuka dilaksanakan secara umum dan langsung diselenggarakan Pemerintah Pusat melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN), sehingga tidak mungkin ada orang atau pihak manapun yang bisa mengintervensi.

“Imbauan untuk masyarakat Kota Serang semuanya, karena lowongan CASN ini clear dan terbuka buat umum, saya sih imbauannya tidak gampang memercayai hal yang memang di luar ketentuan,” katanya saat ditemui di DPRD Kota Serang, Kamis (10/10/2019).

Selain itu, ujar dia, proses penilaian CASN langsung melalui CAT (computer assisted test), sehingga tes dan penilaiannya bersifat terbuka. “Kalau kebutuhannya banyak kami, kami kekurangan dari sisi pendidik yang masih kurang, kesehatan kurang,” ucapnya.

Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Husaini membenarkan, jika setiap kali ada rekrutmen CASN, praktik penipuan dan percaloan selalu ada. Bahkan, saat ini desas-desus tersebut sudah terdengar.

“Sudah ada selentingan sekarang juga, iming-iming jatah ini lah, jatah itu lah, gak ada sebetulnya. Awas itu kasihan masyarakat, sudah ada selentingan,” tuturnya.

Ia menuturkan, dengan sistem CAT tidak bisa ada yang memanipulasi data. Terlebih mengatasnamakan anak pejabat atau siapa pun. Ia mengimbau masyarakat percaya pada sistem yang digunakan, bahwahanya kemampuan diri sendiri yang bisa menentukan lulus atau tidaknya.

“Sekarang itu tidak melihat anak petani, tidak melihat anak tukang becak atau anak pejabat, kalau memang gak bisa ya gak bisa,” katanya.

Pemkot Serang, ujar dia, mengusulkan sebanyak 1.024 kuota CASN. Namun, kemungkinan seperti tahun sebelumnya jumlah tersebut tidak akan dipenuhi semua. Tetapi, berdasarkan pertimbangan BKN yang akan menentukan.

“Pemerintah Pusat juga pasti menyesuiakn berapa anggaran Kota Serang, berapa jumlah yang pensiun. Tahun ini kan sekitar 160-an ASN Kota Serang pensiun, kemungkinan sekitar itu jumlahnya,” ucapnya.

Sementara itu, untuk kebutuhan ASN di Kota Serang sekitar 4.000 orang yang tersebar di setiap OPD di Kota Serang. Namun, saat ini diprioritaskan pada kebutuhan yang bersifat pelayanan. “Pelayanan itu, seperti guru dan kesehatan, itu yang paling utama,” tuturnya. (Masykur/YA)*

 

Sumber : https://www.kabar-banten.com/jelang-rekrutmen-casn-masyarakat-diimbau-waspadai-penipuan/