Kabayan Andalkan Keasrian dan Kekompakan Pemuda

Kabayan Andalkan Keasrian dan Kekompakan Pemuda

KOPO – Pemerintah Desa Mekarsari, Kecamatan Kopo, mengutus Kampung Kabayan untuk bisa bersaing dengan 325 kampung lain di Kabupaten Serang. Pengurus lingkungan di kampung ini memang belum punya persiapan khusus. Namun, dengan modal keasrian lingkungan dan kekompakan pemudanya, mereka optimistis, Kabayan bisa meraih hasil positif.

Ketua RW 02, Kampung Kabayan, Ujang Junaedi mengakui, Pemerintah Desa Mekarsari memilih Kabayang karena perkampungan tersebut masih hijau dan asri. Susunan rumah warganya pun cukup rapi.

Hanya saja, Ujang mengaku kesulitan menyosialisasikan Lomba Kampung Bersih dan Aman. Ia juga merasa sulit mengajak warganya bergotong royong membenahi lingkungan Kabayan. Alasannya, karena mayoritas warga Kabayan bekerja sebagai buruh pabrik.

Kendati demikian, ia cukup terbantu dengan warga Kabayan yang cukup menyadari pentingnya kebersihan lingkungan. “Para ketua RT se-Kampung Kabayan juga sudah kami beritahu mengenai lomba tersebut. Dan mereka menyatakan siap untuk berpartisipasi. Ditambah warga yang sudah sadar pentingnya kebersihan lingkungan, cukup memudahkan kami beserta jajaran untuk meningkatkan kedisplinan warga menjaga kebersihan lingkungan,” terang Ujang kepada Radar Banten pada Jumat (6/9) lalu.

Ia menuturkan bahwa kegiatan ronda sudah menjadi rutinitas pemuda Kabayan. Sehingga, keamanan lingkungan kampungnya cukup terjaga.

“Apalagi, di kampung kami banyak terdapat banyak pos ronda. Sulit bagi orang luar yang ingin melakukan tindakan kejahatan di kampung kami,” tukasnya.

Lomba Kampung Bersih dan Aman juga mendapat sambutan positif dari salah satu tokoh pemuda Kabayan yang juga Wakil Ketua Karang Taruna Desa Mekarbaru, Ahkmad Fuadi. Menurutnya, lomba ini dapat memotivasi dan meningkatkan SDM kampung tersebut dalam menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan.

“Para pemuda juga diberi porsi cukup besar untuk bisa berkontribusi di kegiatan sosial dan keamanan kampung. Sehingga, mereka bisa berdaya dengan baik di sana,” ujarnya.

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/kabayan-andalkan-keasrian-dan-kekompakan-pemuda/