Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah Minta Relawan Inventarisasi Potensi Bencana di Wilayahnya

Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah Minta Relawan Inventarisasi Potensi Bencana di Wilayahnya

KABAR BANTEN - Ketua Palang Merah Indonesia atau PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah meminta semua relawan agar menginventarisir potensi bencana di wilayah masing-masing.

Hal tersebut menurut Ketua Palang Merah Indonesia atau PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah dilakukan agar masyarakat paham dan tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

Ketua Palang Merah Indonesia atau PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah mengatakan, relawan di semua wilayah harus melakukan Inventarisasi bencana di wilayah.

"Dimana desa rawan bencana, sering terjadi bencana dan bencana apa, perkuat relawan disana," ujarnya dalam sambutan membuka Musyawarah Kerja PMI Provinsi Banten Tahun 2022 di markas PMI Banten, Kota Serang, Rabu 26 Januari 2022.

Ia mengatakan, penguatan relawan tidak perlu menyeluruh, namun dilakukan dititik tertentu agar diperkuat.

"Mereka diedukasi sampai paham betul apa yang harus diperbuat dan mereka ditugaskan menyosialisakan kepada masyarakat," katanya.

Sehingga kata dia ketika terjadi bencana alam atau bencana lainnya seperti puting beliung masyarakat tahu harus berbuat apa.

"Karena biasanya bukan karena bencana (ada korban) kebanyakan karena kepanikan masyarakat jadi terdampak," tuturnya.

Menurut dia dari 8 kabupaten kota yang paling rentan bencana adalah Pandeglang dan Lebak.

"Kabupaten kota yang dominasi (bencana) Lebak Pandeglang, kemarin gempa luar biasa," ucapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada PMI Lebak dan Pandeglang yang sudah bergerak cepat untuk hadir di lokasi bencana gempa Sumur.

"Terimakasih pada kepala markas yang koordinasi dengan kabupaten kota dengan sigap juga," katanya.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala BPKAD Provinsi Banten Rina Dwiyanti dan para pengurus PMI dari 8 kabupaten kota. ***

 

Sumber : https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/seputar-banten/pr-593570561/ketua-pmi-provinsi-banten-ratu-tatu-chasanah-minta-relawan-inventarisasi-potensi-bencana-di-wilayahnya