Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menggelar Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk pertama kalinya

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menggelar Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk pertama kalinya

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menggelar Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk pertama kalinya, Kamis (6/10/2022). Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi dan dukungan terhadap instansi pemerintah dalam pelaksanaan pengisian JPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sebanyak 82 instansi pemerintah telah ditetapkan untuk menerima penghargaan KASN dengan rincian 14 yang mendapatkan predikat “Sangat Baik” dan 68 yang berhasil mencapai kategori “Baik”.

Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto, mengatakan bahwa Anugerah Kualitas Pengisian JPT kali ini merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021. Total ada 431 instansi pemerintah yang telah dinilai dengan menimbang berbagai aspek. “Instansi yang dinilai adalah instansi pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021,” ungkap Agus.

Adapun aspek penilaian menurut Ketua KASN mencakup lima dimensi, yakni a) dimensi persiapan pengisian JPT; b) dimensi pelaksanaan pengisian JPT; c) dimensi pelaporan pengisian JPT; d) dimensi inovasi manajemen pengisian JPT; dan e) dimensi pelanggaran sistem merit dalam jabatan. Dari kelimanya, KASN secara konsisten dan rinci melakukan pengawasan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang 5/2014 Tentang ASN.

Provinsi banten mendapatkan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2021 dengan kategori “BAIK”. 

Hadirnya Anugerah Kualitas Pengisian JPT juga menjadi refleksi dari upaya masif KASN dalam mengawasi pelaksanaan sistem merit demi terwujudnya reformasi birokrasi. Pengisian JPT secara terbuka dan kompetitif sendiri merupakan bagian dari implementasi sistem merit pada aspek promosi dan mutasi. Ini merupakan salah satu aspek yang menjadi tantangan besar dalam penerapannya karena masih ditemukan beberapa pelanggaran dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, KASN terus melakukan langkah strategis dalam tiga bidang, yaitu me-monitoring dan evaluasi pengisian JPT; melakukan tindak lanjut pengaduan dan penyelidikan pelanggaran sistem merit dalam pengisian JPT; dan memberikan mediasi serta perlindungan ASN

“Rata-rata capaian kinerja di ketiga bidang utama tersebut sejak tahun 2019 selalu lebih dari 120%. Hal ini mengindikasikan bahwa KASN selalu berupaya seoptimal mungkin di tengah berbagai keterbatasan demi terwujudnya JPT Kuat, Birokrasi Hebat”, sebut Agus.

Upaya masif yang dilakukan KASN tidak akan berjalan optimal tanpa kolaborasi dengan pelbagai pihak. Untuk itu, KASN juga membangun kolaborasi yang solid dengan para stakeholder, seperti Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), Pejabat yang Berwenang (PyB), unsur kepegawaian di instansi pemerintah, panitia seleksi, para calon pejabat pimpinan tinggi, lembaga non-pemerintah, dan juga masyarakat luas. Diharapkan kolaborasi tersebut mampu mendorong terciptanya pengisian JPT yang berkualitas dan seadil-adilnya.

Dari penilaian tahun 2021 ini Ketua KASN kemudian menggarisbawahi bahwa masih banyaknya instansi pemerintah yang belum berhasil mendapatkan kategori “Sangat Baik” dan “Baik” tentu menjadi tugas rumah utama ke depan. Tugas tersebut bukan hanya milik KASN, tapi juga seluruh instansi pemerintah yang ada.

“KASN akan terus berusaha untuk mengakselerasi peningkatan kualitas pengisian JPT di seluruh instansi pemerintah melalui penguatan pengawasan, pelaksanaan berbagai bentuk koordinasi dan asistensi, peningkatan kolaborasi serta kerja sama dengan lebih banyak instansi pemerintah untuk mendorong perbaikan secara masif dan berkelanjutan.”

“Semoga ini memberikan dukungan dan motivasi kepada instansi pemerintah lain agar terus meningkatkan kualitas penerapan sistem merit dalam pengisian JPT sehingga dapat mencapai kategori Baik dan Sangat Baik guna mewujudkan JPT yang berkualitas,” pesan Agus.

 

Sumber : https://www.instagram.com/p/CjXd4pBJcPu/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Facebook