Pemkab Serang Berikan 51 Mahasiswa Beasiswa di Untirta

Pemkab Serang Berikan 51 Mahasiswa Beasiswa di Untirta

SERANG - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berbicara soal pengangguran di Kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Ia menyampaikan pengangguran di Kabupaten Serang masih tinggi sementara wilayahnya berada di kawasan industri.

Hal itu disampaikan Tatu saat menyampaikan sambutan pada acara penandatanganan memorandum of understanding (MoU) Pemkab Serang bersama Kampus Untirta di Kampus 1 Untirta, Pakupatan, Kota Serang, Senin (28/10). Beasiswa itu diberikan kepada 44 mahasiswa program vokasi diploma satu kimia, dan tujuh mahasiswa Fakultas Kedokteran. Puluhan mahasiswa itu berasal dari Kabupaten Serang.

Tatu mengatakan, angka pengangguran di Kabupaten Serang masih terbilang tinggi. Hal itu tidak sebanding dengan jumlah industri yang ada di Kabupaten Serang. “Kita juga tidak bisa memaksakan kalau SDM (sumber daya manusia-red)-nya kurang, ini harus kita persiapkan dari sekarang,” katanya di depan audiens.

Karena itu, pihaknya mencanangkan program beasiswa ke perguruan tinggi untuk masyarakat Kabupaten Serang. Tahun ini, ada 44 mahasiswa yang mengikuti program vokasi diploma satu di Fakultas Teknik Untirta dan tujuh mahasiswa di Fakultas Kedokteran Untirta. Pihaknya menanggung semua biaya puluhan mahasiswa itu selama masa studi. “Ini sudah kita programkan sejak tahun kemarin, dari APBD Kabupaten Serang,” ujarnya.

Tatu juga mengaku, akan mempertemukan para lulusan program vokasi dengan pelaku usaha khususnya di bidang kimia. Itu untuk menjembatani supaya skill mereka dapat tersalurkan. “Kalau dulu perusahaan industri mempertanyakan skill masyarakat Kabupaten Serang, sekarang mereka sedang kita latih,” ucapnya.

Rektor Untirta Fatah Sulaiman mengatakan, Fakultas Kedokteran baru tahun ini dibuka. Dari 495 pendaftar, pihaknya hanya menerima 50 mahasiswa. Tujuh di antaranya penerima beasiswa dari Pemkab Serang. “Jadi, seleksinya sangat ketat, maka dari itu mereka sudah pantas mendapatkan beasiswa,” katanya.

Fatah mengatakan, saat ini baru Pemkab Serang yang bekerja sama dengan Untirta untuk pemberian beasiswa di Fakultas Kedokteran. “Kabupaten kota lainnya sudah bertanya-tanya tentang teknisnya, saya rasa ini menjadi motivasi untuk kabupaten kota lainnya,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya mengatakan, mahasiswa kedokteran yang mendapatkan beasiswa sudah membuat pernyataan untuk mengabdikan diri kepada Kabupaten Serang. “Jadi, mereka harus mengabdi kepada daerah, rumusnya N+2, maksudnya N itu lama kuliah, kalau misalkan lama kuliahnya enam tahun berarti ditambah dua tahun, harus mengabdi selama delapan tahun,” katanya.

 

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/pemkab-serang-berikan-51-mahasiswa-beasiswa-di-untirta/