Pemprov Banten Siapkan Rp12 Miliar untuk Bonus Peraih Medali PON XX Papua

Pemprov Banten Siapkan Rp12 Miliar untuk Bonus Peraih Medali PON XX Papua

KABAR BANTEN – Pemerintah Provinsi atau Pemprov Banten telah menyiapkan bonus Rp12 miliar untuk para atlet dan pelatih Kontingen Banten peraih medali di ajang PON XX Papua 2021.

Kepastian bonus Rp12 miliar untuk atlet kontingan Banten yang meraih medali di PON XX Papua 2021 tersebut disampaikan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Wagub Banten Andika Hazrumy mengatakan, bonus Rp12 miliar untuk peraih medali di PON XX Papua 2021 tersebut sudah dialokasikan di pos hibah ke KONI Banten.

"Kita alokasikan dari APBD kita itu di pos hibah ke KONI Banten, bagian dari pembinaan atlet di Banten," ujar Wagub Banten Andika Hazrumy di sela mendampingi Gubernur Banten Wahidin Halim meresmikan pembangunan RSUD Banten dan Jembatan Bogeg, Senin 11 Oktober 2021.

Andika optimistis kontingen Banten memenuhi target 10 besar pada PON XX Papua.

"Saya optimistis kontingen kita dapat masuk peringkat 10 besar," kata Andika.

Hal ini karena klasemen kontingen Banten sebelumnya sempat masuk 10 besar dan terus bertahan di posisi tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Selain itu, lanjutnya, masih ada sejumlah cabang olah raga yang baru akan dipertandingkan dan masuk babak final dalam beberapa hari ke depan.

"Kalau tidak salah ada 5 cabor yang hari ini dan besok akan berlaga di final, termasuk gulat dan layar," ujarnya.

Lebih jauh, kata Andika, Pemprov Banten melalui KONI Banten selanjutnya akan melakukan evaluasi atas hasil dari PON XX Papua ini.

"Tentu evaluasi akan kita lakukan untuk hasil PON kali ini. Nanti akan ada pembinaan-pembinaan kaitan pengembangan prestasi atlet-atlet kita ke depan," katanya.

Untuk diketahui, klasemen sementara perolehan medali PON XX Papua 2021 hingga Senin 11 Oktober 2021 pukul 17.20 WIB masih menempatkan Jawa Barat di posisi puncak. Jawa Barat total sudah meraih 234 medali.

Rinciannya, kontingen dari Jawa Barat sudah meraih 89 medali emas, 70 perak, dan 75 perunggu.

Di posisi kedua, Jawa Timur dengan 76 medali emas, 66 perak, dan 58 perunggu.

Sementara itu, posisi ketiga di PON XX Papua 2021 diisi oleh DKI Jakarta. Kontingen dari DKI Jakarta sudah mengemas 215 medali sejauh ini, 74 di antaranya merupakan medali emas.

Sementara Banten berada di 12 dengan raihan 7 medali emas, 9 medali perunggu dan 21 medali perak.***

 

Sumberhttps://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/olahraga/pr-592778565/pemprov-banten-siapkan-rp12-miliar-untuk-bonus-peraih-medali-pon-xx-papua