Pemprov Kembali Alokasikan Anggaran PBI BPJS Kesehatan

Pemprov Kembali Alokasikan Anggaran PBI BPJS Kesehatan

SERANG - Pemprov Banten memastikan akan mengalokasikan anggaran premi BPJS Kesehatan bagi 626 ribu warga Banten yang masuk dalam penerima bantuan iuran (PBI).

Anggaran yang dialokasikan tersebut untuk tiga bulan sebagai tambahan dari APBD Murni 2020 yang baru dianggarkan sampai sembilan bulan. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten Muhtarom mengatakan, anggaran untuk PBI BPJS Kesehatan pada APBD Murni 2020 baru dianggarkan sampai sembilan. Karena itu penambahan anggaran untuk tiga bulan berikutnya menjadi salah satu prioritas pemprov dalam APBD Perubahan 2020. 

“Tentu saja, kalau ada kekurangan dan koreksi anggaran yang lain juga akan dilengkapi. Kecil-kecil dan tidak signifikan,” katanya, kemarin. 

Menurutnya, yahapan penyusunan APBD Perubahan 2020 masih panjang. Saat ini pemprov baru menyampaikan  perubahan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Pekan ini Kemendagri baru akan memfasilitasi Pemprov Banten tentang RKPD tersebut. “Program rencana pemprov sudah sesuai dengan ketentuan, kondisi, dan sebagainya,” katanya.

Setelah itu Kemendagri akan mengirimkan hasil evaluasi fasilitasi. Selanjutnya Gubernur Banten menetapkan perubahan RKPD dan OPD akan menyesuaikan hasil perubahan RKPD tersebut, kemudian dimulai penyusunan KUPA-PPAS. “Baru nanti menyusun RAPBD Perubahan,” ujarnya. 

Draf APBD Perubahan 2020 akan diserahkan kepada DPRD Banten sebagai bahan dalam rapat paripurna penyampaian yang disusul dengan pemandangan pandangan fraksi, jawaban Gubernur, kemudian persetujuan bersama. 

Dengan masih panjanganya tahapan pembahasan, dia mengaku belum bisa mengungkap pagu indikatifnya. Karena angka pagu indikatif masih berpeluang berubah sejalan dengan perkembangan situasi. 

Sekda Banten Al Muktabar mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan rencana APBD Perubahan bersama pimpinan DPRD Banten. Salah satu poin pembahasan adalah tentang penyertaan modal kepada Bank Banten. “Dalam rangka itu di perubahan (APBD 2020) banyak hal yang didiskusikan,” ujarnya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/pemprov-kembali-alokasikan-anggaran-pbi-bpjs-kesehatan/