Pemprov Konsen Kembangkan Demokratisasi

Pemprov Konsen Kembangkan Demokratisasi

SERANG – Perkembangan indeks demokrasi di Banten semakin membaik. Pada 2018, indeks demokrasi Banten masuk dalam kategori sedang dengan nilai 73,8. Sekda Banten Al Muktabar mengatakan, Pemprov sangat konsen dalam meningkatkan indeks demokrasi. Oleh karena itu Pemprov mendukung upaya upaya untuk memajukan demokratisasi.

“Kami hadir di sini, di forum group discussion indeks demokrasi Banten, yang digelar BPS, karena kami konsen dengan isu isu demokratisasi,” kata Sekda saat membuka FGD Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Banten tahun 2019 di Hotel Le Dian, Kota Serang, Rabu (11/3).

Menurut Sekda, dengan demokrasi dapat diketahui apa yang diinginkan rakyat. Sebab dalam sistem demokrasi itu, suara rakyat merupakan suara terpenting. Suara rakyat adalah suara Tuhan. “Karena itu kita harus membuka ruang dialog untuk pengembangan demokratisasi,” katanya.

Perkembangan demokrasi dari waktu ke waktu menuju ke arah yang positif. “Kita berharap diskusi dalam FGD ini membawa arah yang lebih baik lagi bagi demokratisasi di Banten,” imbuhnya.

Sementara Kepala BPS Banten Adhi Wiriana mengatakan, IDI Banten yang dibahas terdiri dari beberapa indikator. Antara lain aspek hak politik, aspek lembaga demokrasi, dan kebebasan sipil. Metodologi yang dipakai dalam membedah IDI adalah koding koran, FGD, dan wawancara mendalam. (A Lutfi)

\

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/pemprov-konsen-kembangkan-demokratisasi/