Pemprov Usulkan 480 Pegawai dalam Penerimaan CASN

Pemprov Usulkan 480 Pegawai dalam Penerimaan CASN

SERANG – Pemprov Banten memang kekurangan pegawai. Untuk itu, dalam penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun ini Pemprov mengusulkan 480 pegawai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin mengatakan, 480 orang yang diusulkan itu terdiri dari CASN dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja sama (PPPK). “Sebanyak 70 persen itu PPPK,” ujar Komarudin, Senin (7/10).

Komarudin mengatakan, pegawai yang paling dibutuhkan yakni tenaga kesehatan dan tenaga pengajar. Untuk PPPK, selain memprioritaskan tenaga honorer kategori satu dan kategori dua, pihaknya juga akan merekrut tenaga pendidikan. “Tapi nanti sesuai formasi. Belum resmi soalnya,” ujar mantan Pj Bupati Tangerang ini.

Namun, ia belum dapat memastikan kapan penerimaan CASN dan PPPK itu akan dibuka. Berdasarkan informasi yang ia terima, penerimaan itu baru akan dibuka setelah adanya kabinet yang baru. “Kalau dibuka sekarang sebelum ada kabinet yang baru khawatir ada yang berubah atau digabung,” tuturnya.

Meskipun begitu, tambahnya, pola seleksi CASN akan sama yakni menggunakan computer assisted test (CAT). Sedangkan jadwalnya belum ada kepastian. Sementara lokasi seleksi biasanya diadakan di aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Banten di Kabupaten Pandeglang. “Biasanya kami di daerah menyiapkan perangkat, aplikasi dan software-nya dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional-red),” terang Komarudin.

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara atau BKN Mohammad Ridwan memperkirakan rekrutmen Calon ASN 2019 akan diumumkan pada pekan keempat Oktober 2019. Sementara proses pendaftaran dan seleksi akan dimulai pada November. “Proses seleksi administrasi pada bulan Desember dan seterusnya,” dalam keterangan resminya, Kamis 3 Oktober 2019.

Para peminat yang ingin mengikuti seleksi penerimaan calon ASN bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti rangkaian prosesnya. Dengan prediksi peminat tahun ini diperkirakan mencapai 5,5 juta orang, tingkat persaingan diprediksi akan berlangsung ketat. Adapun pada pelaksanaan seleksi calon ASN 2018 total pelamar mencapai 3,6 juta orang.

Oleh karena itu, para peminat perlu mempersiapkan diri dengan baik agar mampu berkompetisi dengan peminat lainnya. Hal itu dimulai dengan membaca pengumuman resmi pemerintah dan melengkapi semua persyaratan yang diminta.

Di sisi lain, pemerintah sedang mempersiapkan dan membangun SDM yang mampu menghadapi tantangan era industri 4.0 dan society 5.0 melalui kebijakan perencanaan SMART Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2020-2024.

Kebijakan perencanaan ASN tersebut juga sesuai dengan arah pembangunan nasional dan potensi daerah, serta jabatan spesifik sesuai core business instansi. Pembangunan SDM menuju SMART ASN tahun 2020-2024 salah satunya akan diwujudkan melalui rekrutmen calon ASN tahun 2019.

Sementara itu, untuk seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) tahap pertama sejumlah 51.293 peserta melampaui passing grade. Adapun rencana pelaksanaan seleksi ASN pada Oktober 2019 akan dibuka dengan dua jenis pilihan, yakni seleksi calon ASN dan P3K tahap kedua. (nna/air/ags)

 

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/pemprov-usulkan-480-pegawai-dalam-penerimaan-casn/