Peningkatan Jalur Kereta Api, Wapres Kunjungi Stasiun Kota Serang

Peningkatan Jalur Kereta Api, Wapres Kunjungi Stasiun Kota Serang

SERANG, (KB).- Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) KH. Ma’ruf Amin mengatakan, pemerintah akan merevitalisasi jalur kereta api (KA) Rangkasbitung-Merak dengan memperkuat rel dan menambah frekuensi angkutan KA.

Selain itu, pemerintah juga mengaktifkan kembali jalur kereta api Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan, bahkan pembangunan reaktivasi jalur itu sudah dimulai. Kemudian, pembangunan jalan tol Serang-Panimbang dipercepat guna menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Wapres KH Ma’ruf Amin saat melakukan kunjungan ke Stasiun Kereta Api Kota Serang, Kamis (30/1/2020). Kunjungannya itu untuk memantau pelayanan dalam rangka peningkatan jalur kereta api. Sebelumnya, beberapa waktu lalu Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumardi juga melakukan kunjungan ke Kota Serang untuk melakukan pemetaan kereta api.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyambut baik kedatangan wapres. Kunjungan itu merupakan tindak lanjut dari menhub, yang sebelumnya telah melihat progres peningkatan jalur kereta api dari Rangkasbitung-Merak yang melewati Stasiun Kota Serang.

“Kami Pemkot Serang sangat menyambut baik atas kedatangan Pak Wapres. Ini juga untuk membangun stasiun kereta api di Kota Serang, baik double track maupun kereta api listrik (KRL). Semoga dengan adanya hal-hal tadi, dapat melancarkan dan memudahkan transportasi umum bagi masyarakat luas, khususnya Kota Serang,” ujarnya.

Rencananya, kata dia, proses pekerjaan KRL akan dimulai pada tahun ini.

“Kalau dari menteri kemarin, itu tahun ini akan mulai. Tapi saya belum mendengar langsung dari Pak Wapres. Karena tadi saya tidak sempat masuk bersama Wapres. Tapi insyaAllah tahun ini sudah mulai berjalan,” katanya.

Dengan adanya peningkatan perkeretaapian di Kota Serang, kata dia, dapat memberikan manfaat lebih bagi warganya. Terutama, meminimalisasi kemacetan di beberapa wilayah di Banten, termasuk Kota Serang. Dengan kereta api jarak tempuh ke luar daerah seperti Rangkasbitung serta Jakarta, bisa lebih mudah dan cepat.

“Dengan adanya peningkatan kereta api ini kan bisa mempersingkat waktu jarak tempuh. Karena kan selama ini dari Serang ke Rangkasbitung butuh waktu 1,5 jam. Semoga dengan adanya peningkatan ini bisa ditempuh lebih cepat. Kemudian, untuk angkutan kota (angkot) bisa menyesuaikan, insyaAllah sudah disiapkan,” ujarnya. (Rizki Putri/SJ)*

 

Sumber : https://www.kabar-banten.com/peningkatan-jalur-kereta-api-wapres-kunjungi-stasiun-kota-serang/