Perkuat UMKM, Aplikasi Jual Beli Lokal Diluncurkan

Perkuat UMKM, Aplikasi Jual Beli Lokal Diluncurkan

SERANG – Kemajuan teknologi informasi mempermudah pelaku usaha memasarkan produk usahanya. Pemkot Serang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) meluncurkan aplikasi menyajikan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Aplikasi mesin pencarian (search engine) yang diberi nama Gelati, yang berarti mencari. Aplikasi yang rencananya diluncurkan pada November nanti, sebagai dukungan terhadap pelaku UMKM Kota Serang dalam memasarkan produknya.

Kepala Diskominfo Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, aplikasi Gelati inovasi teknologi yang memadukan konsep kearifan lokal. “Search engine itu nantinya akan dinamakan Gelati, yang di dalamnya akan terdapat data base yang disiapkan oleh pelaku UMKM menyongsong industri kreatif,” katanya ditemui di Kota Serang, hari ini.

Inovasi ini, lanjut Hari, akan memudahkan masyarakat maupun pelaku UMKM di Kota Serang. Selain menjadi display produk, lewat aplikasi tersebut juga bisa melakukan transaksi jual beli melalui online.

“Di dalamnya ada data base tentang UMKM dan transaksi penjualan, jadi orang yang mau belanja bisa pesan, misal Sate Bandeng di situ (Gelati) dan membayar pun bisa di situ (Gelati),” ujar Hari.

Dalam pembuatan search engine ini, pihak Diskominfo Kota Serang berkolaborasi dengan rekan-rekan forum kewirausahaan pemuda yang ada di Kota Serang. “Search engine Gelati akan diluncurkan pada bulan November mendatang,” tuturnya.

Hari mengatakan, sengaja menamakan search engine ini menggunakan aksen Bahasa Jawa Serang (Jaseng). Gelati sendiri memiliki arti mencari. “Kita namakan ini Gelati, sebab ingin mengangkat kearifan lokal di Banten dengan menggunakan Bahasa Jaseng,” tuturnya.

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/perkuat-umkm-aplikasi-jual-beli-lokal-diluncurkan/