Provinsi Banten Jangan Lengah! Meski Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Turun, Segera Evaluasi Ini

Provinsi Banten Jangan Lengah! Meski Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Turun, Segera Evaluasi Ini

KABAR BANTEN - Seluruh daerah termasuk Provinsi Banten diminta jangan lengah dan kembali mengevaluasi penerapan protokol kesehatan, termasuk penegakan disiplin. Tujuannya, agar penurunan kasus positif Covid-19 dapat lebih besar lagi, hingga tidak ada sama sekali penularan di tengah-tengah masyarakat. 

Berdasarkan perkembangan terkini pada kasus positif Covid-19 per 9 Februari 2021, terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 8.700 kasus dengan jumlah kasus aktif 169.351 kasus atau persentasenya 14,4 persen dibandingkan rata-rata dunia 24,13 persen.

Jumlah kesembuhan sebanyak 973.452 kasus atau 82,9 persen dibandingkan rata-rata dunia 73,69 persen. Pada kasus meninggal sebanyak 31.976 kasus atau 2,7 persen dibandingkan rata-rata dunia 2,18 persen. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan mingguan penanganan Covid-19 menuju ke arah yang lebih baik. Dalam mencegah laju penularan, sangat ditentukan upaya langsung dan tidak langsung.

“Upaya langsung yaitu protokol kesehatan 3M seperti memakai masker menjaga jarak dan mencuci tangan yang dilakukan masyarakat,” kata Wiku Adisasmito dikutip KabarBanten.com dari bnpb.go.id.

Lalu upaya tidak langsung ialah 3T seperti testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (perawatan) yang dilakukan pemerintah.

Upaya tidak langsung 3T ini, membutuhkan waktu lebih lama melihat dampaknya dalam memperlambat laju penularan. Karena upaya 3T merupakan  bentuk penanganan setelah seseorang tertular. 

Disamping itu, dalam melihat perkembangan penanganan mingguan, ia menjelaskan, bahwa kenaikan atau penurunan kasus baru mingguan, merupakan selisih kasus baru minggu ini dibandingkan minggu lalu.

"Penting untuk melihat dari sudut pandang tren kenaikan kasus atau penurunan kasus baru mingguan. Karena, hal ini dapat menunjukkan apakah kasus penularan di tengah masyarakat menunjukkan perlambatan atau tidak," jelasnya.***

 

Sumber : https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/seputar-banten/pr-591414122/provinsi-banten-jangan-lengah-meski-kasus-positif-covid-19-di-indonesia-turun-segera-evaluasi-ini