Sehat Dengan Pangan Asal Hewan yang Asuh

Sehat Dengan Pangan Asal Hewan yang Asuh

Permintaan pangan hewani (daging, telur dan susu) dari waktu ke waktu cenderung terus meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk, perkembangan ekonomi, perubahan gaya hidup, kesadaran gizi dan perbaikan tingkat pendidikan. Pada masa pandemi Covid-19 ini protein hewani sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh/imunitas agar terhindar dari virus Covid-19. Selain itu protein hewani ini bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak agar Provinsi Banten menghasilkan generasi yang sehat dan cerdas.

 

Pemerintah Provinsi Banten saat ini berupaya untuk memberikan jaminan pada konsumen dan melindungi masyarakat dari bahaya yang dapat mengganggu kesehatan akibat mengkonsumsi pangan asal hewan terutama daging serta melindungi peternak dari kerugian akibat menurunnya nilai/kualitas daging yang diproduksi melalui penyediaan produk pangan asal hewan yang memenuhi kiriteria Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

 

Pengertian ASUH :
Aman : Tidak mengandung penyakit dan residu yang dapat menyebabkan penyakit/mengganggu kesehatan manusia
Sehat : Memiliki zat-zat yang berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh
Utuh : Tidak dicampur dengan bagian lain dari hewan tersebut atau bagian dari hewan lainnya
Halal :
 Dipotong dan ditangani sesuai dengan syariat agama Islam.

 

Masyarakat diharapkan dapat memilih pangan asal hewan dengan teliti dan tidak tergiur dengan harga yang murah. Masyarakat dianjurkan untuk membeli pangan asal hewan yang berasal dari produsen yang telah memiliki sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Sertifikat NKV adalah bukti tertulis yang sah dan telah dipenuhinya persyaratan higiene sanitasi sebagai kelayakan dasar jaminan keamanan pangan asal hewan pada unit usaha pangan asal hewan. Pilihlah produk hewan dengan kemasan yang telah memiliki logo NKV.

Sumber : https://www.bantenprov.go.id/pressrealease/sehat-dengan-pangan-asal-hewan-yang-asuh