Sejabat Merdeka Berlangsung Meriah

Sejabat Merdeka Berlangsung Meriah

SERANG – Gowes Sejabat Merdeka seri 8 yang dihelat Polda Banten, Korem 064/Maulana Yusuf, dan Radar Banten sebagai pelaksana teknis, Sabtu (31/8), berlangsung sukses, aman, meriah, dan lancar.

Sedikitnya 1.150 peserta beradu nyali untuk menempuh jarak 60,5 kilometer yang dimulai dari Makorem 064/MY dan berakhir di Graha Pena, Radar Banten.

Trek yang bervariasi, jalan aspal, tanah berbatu, berpasir, turunan dan tanjakan, membuat peserta sampai di lokasi finis, selisih waktunya terpaut jauh. Peserta finis pertama pada pukul 10.30 WIB. Sementara peserta terakhir finis pada pukul 14.00 WIB. Itu pun dievakuasi dengan mobil ‘sapu jagad’.

Sejabat Merdeka dilepas Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, didampingi Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Danrem 064/MY Kol Inf Windiyatno, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Walikota Serang Syafrudin, Direktur Radar Banten Mashudi, dan Pimpinan Perusahaan Diana Yuliantini.

Begitu dilepas, peserta antusias menuju kawasan Keraton Surosowan, Banten Lama. Peserta pertama hanya butuh waktu 30 menit. Rampak beduk persembahan personel Yonif 320/Badak Putih dan Satbrimobda Polda Banten, langsung menyambut peserta dengan tampilan yang memukau.

Semula peserta direncanakan mengadakan aksi bebersih seputar kawasan Banten Lama. Tapi urung. Karena kawasan sudah dibersihkan pagi harinya.

Peserta langsung melanjutkan gowes ke Alun-alun Kramatwatu. Lokasi pitstop atau istirahat pertama. Minuman dan beragam camilan sudah disiapkan panitia. Mulai dari pisang segar, rebusan jagung, mantang, kacang, dan pisang ketan.

Sementara Kapolsek Kramatwatu AKP Raden Moh Sofyan juga memberikan kejutan dengan menyediakan berbagai minuman dan beraneka camilan. “Makanannya banyak dan enak-enak. Saya sampai bingung milih,” ujar seorang peserta yang sudah sepuh.

Kapolda Banten, Danrem, Tb Haerul Jaman, Kol Inf Wahyu Widodo (penggagas Sejabat), para Dandim dan Kapolres, Direktur Radar Banten Mashudi, Pimpinan Perusahaan Diana Yuliantini ikut menikmati suguhan Kapolsek Kramatwatu.

UJI NYALI SESUNGGUHNYA

Trek selanjutnya adalah Alun-alun Kramatwatu-Lapangan Bola Desa Sayar-Galian Pasir Desa Pancanagara, Kecamatan Pabuaran. Satu per satu peserta mulai tereliminasi. Lantas naik mobil evakuasi yang dibawanya sendiri atau yang disediakan panitia.

Cuaca terik dan jalan tanah berbatu membuat peserta harus ‘lempar handuk’. Beberapa di antaranya memilih balik kanan lewat Jalan Raya Taktakan ke arah Kota Serang. “Saya hanya kuat sampai di sini Pak,” pamit mantan pejabat di Serang ini.

Sebagian besar peserta melanjutkan gowes menuju pitstop kedua di depan SDN Sayar untuk minum.

Lepas dari pitstop kedua ini, rutenya berupa jalan berbatu dengan variasi turunan dan tanjakan. Peserta yang sudah lelah dan dibakar teriknya matahari mulai kedodoran. Di jalur ini banyak peserta yang mengalami kram kaki. Sebagian besar beristirahat di bawah rindangnya pohon melinjo.

Sekira pukul 10.30 WIB, sebagian besar peserta sudah memasuki pitstop/tempat istirahat ketiga di lokasi tambang pasir Desa Pancanagara, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.

DIJAMU H MAMAN SAMUTI DAN H DJAHIDI SADJIRAN

Begitu peserta sampai di pitstop ketiga ini, kaget dengan sambutan yang luar biasa meriah dari pengusaha tambang pasir H Maman Samuti dan H Djahidi Sadjiran yang langsung menyambut peserta.

Kesenian ketimpring dan kesenian khas Banten debus yang dinamis langsung dimainkan menyambut kedatangan peserta. Tak itu saja. Beragam makanan dan minuman disajikan. Mulai dari es kepala muda, cendol, jeruk, beragam rebusan mantang, jagung, pisang, dan kue kotak tersaji melimpah.

“Saya sangat antusias menyambut Sejabat Merdeka. Kita sudah merdeka 74 tahun. Karena saya merasa keluarga pejuang, dan saya juga pejuang Provinsi Banten jadi saya inisiatif sendiri untuk menyambut peserta. Yang penting kebersamaan,” kata H Maman Samuti.

Hal senada juga dikatakan oleh H Djahidi Sadjiran. Djahidi mengaku akan terus mendukung gelaran Sejabat. Bukan hanya tahun ini, tapi juga di tahun mendatang. “Saya sangat mendukung. Semoga kegiatan ini bisa terus dilanjutkan setiap tahunnya,” harapnya.

Dari lokasi galian pasir, peserta kembali melanjutkan perjalanan. Melewati Palima – Samsat Lama–Dalung–Sayabulu, dan kemudian berakhir di Graha Pena Radar Banten. Peserta disambut di Gedung Futsal Radar Arena. Setelah santap siang, pengundian doorprize digelar. Hadiah menarik seperti kulkas, kipas angin, magic com, dan sepeda telah menanti bagi yang beruntung.

APRESIASI

Sementara itu Danrem 064/MY Kol Inf Windiyatno mengapresiasi Sejabat Merdeka yang berjalan lancar. Windiyatno sepakat jika gelaran tahun ini memecah rekor peserta terbanyak dibandingkan tahun sebelumnya yang berkisar 400-500 peserta. “Sepenuhnya saya sangat mendukung. Ini merupakan olahraga yang menyehatkan. Selain itu juga untuk mengenalkan lingkungan Banten, yang punya pariwisata unggulan. Serta mempererat silaturahmi antara TNI, Polisi, media, dan masyarakat,” kata Windiyatno.

Windiyatno berharap Sejabat Seri 8 di 2020 kembali digelar dan bisa terus lebih baik. Danrem berharap wisata ‘Negeri di Atas Awan’ bisa menjadi rute tahun mendatang. “Semoga ke depannya Sejabat lebih bagus. Untuk tahun depan, kita inginnya di ‘Negeri di Atas Awan’ (Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Lebak),” harap Windiyatno.

Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir menilai gelaran Sejabat dari setiap tahun kian menarik. Kapolda berharap peserta Sejabat terus meningkat setiap tahunnya. “Ini juga sebagai ajang menjaga kekompakan dan silaturahmi. Melihat situs bersejarah sehingga perayaan Hari Kemerdekaan lebih meriah,” kata Kapolda.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memuji gelaran Sejabat. Andika salut Sejabat Merdeka bisa menyatukan peserta yang mencapai ribuan. “Ini juga termasuk kegiatan untuk memperkenalkan wisata Banten. Kemudian juga menjadi momentum untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan olahraga. Khususnya olahraga bersepeda,” jelas Andika.

Direktur Radar Banten Mashudi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Sejabat Merdeka hingga terlaksana dengan meriah. Khususnya kepada Pemprov Banten, Pemkot Serang, TNI, dan kepolisian.

“Gelaran tahun ini paling meriah dan banyak pesertanya. Semoga ke depan juga bisa lebih baik. Kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami ucapkan terima kasih. Kami juga memohon maaf kalau ada kesalahan dalam pelaksanaannya. Baik dalam pelayanan, penyajian, dan lainnya,” ungkap Mashudi.

PENGAMANAN JALUR

Untuk memandu dan membantu peserta gowes Sejabat, panitia mengerahkan marshall dari Unifikasi klub gowes SCAM ( Serang Cilegon Anyar Merak) dan dari TGP (Trek Gunung Pinang) yang jumlahnya 20 personel.

Selain itu, Polda Banten dan Korem 064/MY juga menempatkan personel di setiap persimpangan jalan yang dilewati. “Saya sudah perintahkan jajaran aparat kepolisian untuk mengamankan jalur yang dilewati gowes Sejabat,” kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo, Jumat (30/8) petang.

Selain pejabat utama Polda, para kapolres, juga kapolsek yang dilintasi gowes Sejabat juga turun langsung ke lapangan. Mulai dari Kapolsek Serang, Kasemen, Kramatwatu, Taktakan, Pabuaran. Demikian juga dari jajaran Korem 064. Selain Danrem dan para Kasie, juga hadir para Dandim, Danyon 320/Badak Putih dan jajarannya. 

Sumber : https://www.radarbanten.co.id/sejabat-merdeka-berlangsung-meriah/