Sejumlah Pejabat Pemprov Ikut Seleksi Calon Pj Sekda Banten, Ini Nama-namanya

Sejumlah Pejabat Pemprov Ikut Seleksi Calon Pj Sekda Banten, Ini Nama-namanya

SERANG – Kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten saat ini mengalami kekosongan pasca ditinggal Al Muktabar yang baru saja dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Banten pada 12 Mei 2022 lalu. Tak tinggal diam, untuk mengisi kekosongan Pemprov membuka seleksi calon Pj Sekda Banten.

Berdasarkan informasi yang dihimpun setidaknya ada sembilan nama yang mengikuti seleksi calon Pj Sekda Banten di antaranya, yakni Asda I Komarudin, Asda II M Yusuf, Asda III Deni Hermawan, Tiga Staf Ahli Gubernur Banten yang terdiri dari Komari, M Tranggono, dan Agus Setiawan. Selain itu, ada juga tiga Kepala OPD yaitu Kepala Dinas Pariwisata Al Hamidi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tabrani, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Septo Kalnadi.

Pj Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, para pejabat yang mau mengisi kekosongan jabatan Sekda Banten harus mengikuti seleksi terbuka. “Saya membangun keterbukaan tidak ujug-ujug (jadi),” kata Al Muktabar, Selasa (17/5/2022).

Meski begitu, Muktabar mengaku dirinya belum bisa memastikan berapa nama yang akan diajukan sebagai calon Pj Sekda Banten ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dari sembilan pejabat yang mengikuti proses seleksi.

“Nanti kita lihat, yang disampaikan berapa nanti kita lihat. Koridornya kita penuhi dulu saya membuka keterbukaan,” katanya.

Muktabar berharap kekosongan diisi langsung seorang Pj bukan Plh. Hal itu agar proses administrasi di Pemprov Banten berjalan seperti biasa.

“Sebaiknya mungkin begitu langsung Pj tidak Plh (pelaksana harian) tapi nanti kita lihat gimana arahan pusat,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Banten, M. Nawa Said Dimyati meminta Pemprov Banten segera menunjuk Plh Sekda Banten. Hal itu menyusul kosongnya jabatan Sekda Banten pasca dilantiknya Al Muktabar menjadi Pj Gubernur Banten.

“Enggak bisa Pj Gubernur merangkap jabatan sebagai Sekda, maka harus segera adanya Plh Sekda Banten, karena Pak Al Muktabar saat ini telah resmi menjadi Pj Gubernur Banten,” ujar pria yang akrab disapa Cak Nawa itu, Selasa (17/5/2022).

Penunjukkan Plh Sekda Banten itu, lanjut Nawa, agar terlaksananya pemerintahan Provinsi dengan baik, lantaran saat ini terjadi kekosongan jabatan Sekda.

“Secara otomatis jabatan Sekda Banten saat ini telah kosong, karena Sekda Banten telah jadi Pj Gubernur,” katanya. (Mir/Red)

 

Sumber : https://www.bantennews.co.id/sejumlah-pejabat-pemprov-ikut-seleksi-calon-pj-sekda-banten-ini-nama-namanya/

Facebook