Tingkatkan PAD, Pemkot Serang-Bank Banten Jalin Kerja Sama

Tingkatkan PAD, Pemkot Serang-Bank Banten Jalin Kerja Sama

SERANG, - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menjalin kerja sama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Banten (Bank Banten) Tbk untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Serang. Alasannya, selama ini masih banyak masyarakat Kota Serang yang memiliki tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, dari sektor PBB setiap tahun masyarakat Kota Serang khususnya, memiliki tunggakan yang cukup banyak. Hal ini disebabkan minimnya kesadaran masyarakat dalam pembayaran pajak retribusi PBB. Oleh karena itu, Pemkot Serang bersama Bank Banten akan jemput bola, mulai dari RT/RW, kelurahan, kecamatan hingga ke sejumlah pelaku usaha.

“Sehingga nantinya, tunggakkan mereka bisa tertagih dan tahun berikutnya masyarakat hanya membayarkan ditahun itu saja. Karena selama ini hingga 2019 banyak sekali masyarakat yang menunggak PBB. Sehingga PAD dari sektor retribusi ini masih sangat jauh dari target,” ucapnya, usai penandatanganan nota kesepahaman di salah satu hotel di Kota Serang, Jumat (27/9/2019).

Sementara terkait penggajian Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Serang, ia mengatakan, untuk saat ini belum ada perencanaan. “Sementara ini hanya retribusi pembayaran PBB saja. Mungkin ke depan akan ke arah sana, tapi untuk saat ini belum. Maka dari itu, kami akan melihat terlebih dahulu kinerja dari Bank Banten selama kerja sama ini. Apabila memang saling menguntungkan, kenapa tidak (Gaji ASN melalui Bank Banten -red),” katanya.

Kemudian, ia mengatakan selain mengembangkan pelayanan dalam bidang perbankan melalui pembayaran PBB, pihaknya juga memiliki tanggung jawab untuk memenuhi PAD. “Tujuan utamanya adalah membangun masyarakat Kota Serang dan juga Bank Banten. Artinya kami bertanggungjawab, dalam meningkatkan PAD kami. Tidak hanya itu, ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan pelayanan, terutama dari sektor pembayaran pajak,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa mengatakan, tujuan dari kerja sama ini tak lain untuk memudahkan pemanfaatan jasa layanan perbankan yang dibutuhkan masyarakat dan Pemkot Serang. Serta mengoptimalkan potensi keuangan dan jasa layanan melalui produknya. Diantaranya, pengelolaan kas daerah, penyaluran gaji, penerimaan pembayaran pajak dan layanan perbankan lainnya.

“Ini salah satu upaya kami untuk terus memberikan kontribusi yang positif, dan berbagi inspirasi kebaikan. Salah satunya dengan membuka jaringan untuk sebelas pembayaran pajak melalui aplikasi. Sehingga ini lebih memudahkan. Kami pun berharap ke depannya Bank Banten dapat terus bersinergi dengan pemerintah lainnya,” katanya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/tingkatkan-pad-pemkot-serang-bank-banten-jalin-kerja-sama/