Tingkatkan Sarana dan Prasarana Stadion, Pemkot Serang Anggarkan Rp 5 Miliar

Tingkatkan Sarana dan Prasarana Stadion, Pemkot Serang Anggarkan Rp 5 Miliar

SERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menganggarkan Rp 5 miliar untuk peningkatan sarana dan prasarana, serta perbaikan Gelanggang Remaja (GR) Maulana Yusuf dan Stadion Maulana Yusuf.

Pekerjaan ini baru akan dilakukan awal tahun 2020, setelah selesai lelang dan tahapan lainnya. Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, untuk di tahun ini, selain waktu yang sangat terbatas anggarannya pun tidak ada terkait pembangunan Stadion MY. Namun, untuk anggaran, ia menjelaskan, angka tersebut belum dipastikan. Sebab, belum ada pembahasan kembali terkait peningkatan sarana prasarana.

“Untuk anggaran, kalau tidak salah itu sekitar Rp 5 miliar. Tapi ini belum pasti, karena belum ada pembahasan lagi. Kan baru Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) saja. Belum ada pembahasan dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” ujarnya, Sabtu (21/9/2019).

Sedangkan untuk peningkatan sarana dan prasarana seluruhnya, ia menjelaskan, sudah dianggarkan pada APBD murni 2020. Seperti membangun gelanggang remaja (GR) dan fasilitas lainnya. Ini juga untuk menyambut Pekan Olah raga Pelajar Daerah (Popda) Banten dan Pekan Paralympic Pelajar Daerah (Peparpeda) Banten 2020.

“Iya di 2020, ini kan untuk menyambut Popda dan Peparpeda. Kemudian kami juga kan ada agenda tahunan, seperti Porkot. Jadi harus di 2020 nanti, kemudian juga ini masuk dalam visi misi kami untuk menjadikan Stadion Maulana Yusuf sebagai pusat olah raga warga masyarakat Kota Serang,” ujarnya.

Ia menambahkan, ada beberapa pekerjaan yang akan dilakukan untuk peningkatan fasilitas di Stadion MY. Di antaranya, pemasangan konblok, pemeliharaan rumput, dan sejumlah sarana penunjang lainnya.

“Hanya peningkatan sarana dan prasarana saja. Di perubahan ini kami sudah menganggarkan untuk pemeliharaan rumput dan pemasangan konblok,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disparpora Kota Serang Akhmad Zubaidillah membenarkan, kalau pihaknya telah mengajukan anggaran sebesar Rp 5 miliar melalui TAPD Serang, untuk pembangunan rehabilitasi sarana olah raga Stadion MY dan GR. Bahkan pengajuannya pun sudah disusun dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA).

“Memang betul, rencana pelaksanaannya itu mulai Maret tahun depan. Di 2020 nanti. Karena kan di tahun ini baru pengajuan dan penganggarannya saja. Jadi baru dimulai tahun depan, bersamaan nanti dengan Popda dan Peparpeda,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dari rencana tersebut ada beberapa fasilitas serta penggantian sarana prasarana yang selama ini sudah tidak layak digunakan dan perlu untuk diperbaharui.

“Buat rehab dulu di GOR. Mulai dari lantai keramik, fasilitas toilet, kamar mandi, pengecatan dinding, tribun kursi penonton, listrik, lampu, air, perbaikan atap yang bocor, dan lain-lain,” katanya. 

 

Sumber :https://www.kabar-banten.com/tingkatkan-sarana-dan-prasarana-stadion-pemkot-serang-anggarkan-rp-5-miliar/