Untuk 2020, Baru Dua OPD Pemkot Serang Usulkan Propemperda

Untuk 2020, Baru Dua OPD Pemkot Serang Usulkan Propemperda

SERANG - Bagian Hukum Kota Serang mencatat baru dua organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Serang yang mengusulkan untuk Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2020 mendatang.

Kepala Bagian Hukum Kota Serang Subagyo mengatakan, dua OPD tersebut, yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU) terkait rencana detail tata ruang (RDTR) dan zonasi, serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) terkait dana cadangan untuk pilkada dan pengelolaan keuangan daerah.

“Karena ini masih tidak lengkap kami berikan waktu sampai Senin (11/11/2019). Mudah-mudahan beberapa OPD akan mengusulkan apa perda-perda yang akan dibahas tahun 2020,” katanya kepada wartawan, Ahad (10/11/2019).

Ia menuturkan, secara lisan beberapa OPD sudah menyampaikan, bahwa ada perda yang akan diusulkan untuk tahun 2020, namun secara langsung belum menyerahkan, sehingga pihaknya belum bisa melakulan inventarisasi secara keseluruhan.

“Kayak Dispora akan mengusulkan terkait perda keolahragaan. Nanti kami sampaikan lagi di grup kepala OPD, kalau memang ada usulan nanti kami masukan di Propemperda ini,” ucapnya.

Ia mengatakan, untuk usulan perda tahun 2019 sebagian masih macet di bagian hukum Provinsi Banten saat fasilitasi. Hal tersebut, karena adanya perubahan pada bagian hukum Provinsi Banten yang melakukan perampingan SDM, sehingga berpengaruh pada kecepatan fasilitasi perda.

“Kalau dulu di provinsi itu bagian sendiri, yaitu bagian fasilitasi perda, kalau sekarang ini hanya subbagian,” tuturnya.

Untuk 2020, ujar dia, diperkirakan sekitar 10 usulan Propemperda dari Pemkot Serang. Jumlah tersebut, akan bertambah dengan perda inisiatif dari DPRD. Namun, dia belum bisa memastikan.

“Kami coba inventarisir dulu, setelah itu kami lihat urgensinya. Mana dulu misalkan yang tahapan triwulan pertama yang akan dibahas, kami lihat skala prioritasnya,” katanya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/untuk-2020-baru-dua-opd-pemkot-serang-usulkan-propemperda/