Untuk Ketiga Kalinya, Kota Tangerang Sabet Penghargaan Swasti Saba Wistara 2019

Untuk Ketiga Kalinya, Kota Tangerang Sabet Penghargaan Swasti Saba Wistara 2019

PERAN aktif Pemerintah Kota Tangerang dalam mewujudkan kabupaten/kota sehat kembali berbuah penghargaan. Untuk kali ketiga, Kota Tangerang berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Wali Kota Tangerang H. Arief R Wismansyah dalam acara Penghargaan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019 yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, .

Penghargaan diberikan kepada Kota Tangerang atas peran aktif dan menyinergikan program serta pemberdayaan masyarakat dalam menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019.

Penghargaan tersebut diberikan kepada 6 gubernur, 177 bupati dan wali kota serta 3 orang motivator dari tim pembina yang aktif mengoordinasikan dan membina seluruh forum kabupaten/kota di wilayah provinsinya untuk menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2019.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, penghargaan Swasti Saba Wistara yang telah diraih bisa menjadi motivasi masyarakat Kota Tangerang untuk bisa mewujudkan lingkungan yang sehat.

“Semoga seluruh masyarakat Kota Tangerang bisa membudayakan pola hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan Kota Tangerang yang sehat,” ujar Arief.

Selain itu, Arief juga berterima kasih kepada jajaran Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) yang telah bersinergi dan membantu pemkot dalam mewujudkan lingkungan yang sehat di wilayah Kota Tangerang.

“Terima kasih buat FKTS yang telah mengawal dan memberdayakan masyarakat untuk terus berpartisipasi mewujudkan Kota Tangerang sehat,” tuturnya.

Selain meraih penghargaan Swasti Saba Wistara, Wali Kota Arief juga didaulat sebagai salah satu narasumber dalam acara talkshow tentang kesehatan lingkungan yang berlangsung sebelum acara penyerahan penghargaan.

Diketahui, Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi di bidang kesehatan lingkungan yang diberikan kepada kota/kabupaten yang telah menyelenggarakan 7 tatanan penilaian.

Di antaranya tatanan permukiman, sarana dan prasarana umum, tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri serta sosial yang sehat.

Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto berharap agar momentum pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh kabupaten/kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat.

Swasti Saba Padapa

Penghargaan juga diraih Pemkot Serang yakni Swasti Saba Padapa Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019. Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, penghargaan tersebut bukan suatu tujuan akhir. Melainkan alat untuk mencapai tujuan, yakni bagaimana menciptakan kehidupan yang bersih, aman, dan nyaman bagi penduduk Kota Serang.

“Prestasi ini merupakan kebanggaan Pemkot Serang dan seluruh masyarakat Kota Serang. Ini langkah awal untuk menuju level berikutnya,” katanya.

Menurutnya, Kota Serang sehat bukan semata hanya tatanan kehidupan masyarakatnya yang sehat.

“Akan tetapi, transportasinya juga harus nyaman, aman, termasuk sanitasi dan sebagainya. Pola hidup serta lingkungan pun menjadi salah satu penilaian dan pencapaian yang harus dicapai oleh Pemkot Serang,” ucapnya.

Ketua Tim Pembina Kota Serang Sehat Nanang Saefudin menjelaskan, penghargaan Swasti Saba Padapa diberikan kepada kabupaten/kota sehat pada taraf pemantapan dengan beberapa kriteria.

Di antaranya, setiap kabupaten/kota sekurang-kurangnya memilih dua tatanan, sesuai dengan potensi sumber daya setempat. Kemudian, setiap kabupaten/kota sekurang-kurangnya mencakup 51-60 persen kecamatan.

“Dan yang terakhir, tiap kegiatan dapat dipilih sekurang-kurangnya satu indikator program (fisik, atau sosekbud) atau kesehatan (kesakitan/ kematian, perilaku dan kesehatan lingkungan) dan satu indikator adanya gerakan masyarakat, dari indikator yang tersedia,” ujarnya.

Ketua Forum Kota Serang Sehat Embay Mulya Syarif mengatakan, selama tujuh tahun ini Kota Serang melakukan sejumlah upaya untuk mencapai hidup sehat. Mulai dari lingkungan, pola hidup, hingga peran keluarga di dalam masyarakat.

“Alhamdulillah, setelah tujuh tahun berupaya Kota Serang mendapat penghargaan Swasti Saba tingkat awal Padapa,” tuturnya. 

 

Sumber : https://www.kabar-banten.com/untuk-ketiga-kalinya-kota-tangerang-sabet-penghargaan-swasti-saba-wistara-2019/