Untuk Pembangunan Puspemkab Serang dan RSDP, Wakil Gubernur Banten Andika Minta Kebutuhan Dana Diinventarisir

Untuk Pembangunan Puspemkab Serang dan RSDP, Wakil Gubernur Banten Andika Minta Kebutuhan Dana Diinventarisir

SERANG - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, akan membantu mendorong pemberian bantuan keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk menyelesaikan pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang dan Rumah Sakit Drajat Prawiranegara (RSDP).

Untuk itu, dia meminta Bupati Serang dan unsur pimpinan DPRD segera menginventarisir kebutuhan anggaran yang harus dibantu oleh provinsi. “Nanti kami minta Pemkab Serang untuk mengusulkan dan mempersentasekan (besaran anggaran), nanti kami bisa lakukan dorong melalui bantuan keuangan, untuk mem-backup kekurangan anggaran yang dihadapi Pemkab Serang,” katanya kepada Kabar Banten saat menghadiri pelantikan dewan terpilih di Gedung DPRD Kabupaten Serang, Selasa (3/9/2019).

Ia menuturkan, besaran bantuan keuangan bisa saja meningkat dan tidak dipukul rata seperti tahun ini. Asalkan usulan yang diajukan jelas sesuai dengan kebutuhan. Namun, dalam hal tersebut, pihaknya belum bisa memastikan apakah bantuan tersebut, akan disatukan dengan bantuan keuangan atau dalam bentuk program langsung pemerintah provinsi kepada Kabupaten Serang.

“Ada perhitungannya nanti, setiap kabupaten/kota ada skala prioritas, ada timnya. Nanti itu (desakan pindah dari Kota Serang) juga jadi salah satu urgensi untuk prioritas bantuan provinsi kepada Kabupaten Serang. Nanti kami rapat koordinasi secara komprehensif, karena kalau pindah juga harus dipersiapkan segala sesuatunya, agar jalannya pemerintah kabupaten bisa berjalan seperti pindah ibu kota negara,” ujarnya.

Ia mengatakan, bantuan juga akan diberikan untuk pembangunan RSDP. Untuk itu sudah disepakati akan dipisah dari benkeu. Sebab, RSDP merupakan rumah sakit rujukan bagi lima kabupaten/kota. “Dan itu jadi salah satu konsen dari pemerintah provinsi,” ucapnya.

Bantuan tersebut kemungkinan akan diberikan pada 2020. Sebab, bankeu biasa diturunkan setiap tahun kepada kabupaten/kota dengan melihat skala prioritas pembangunan di wilayah tersebut. “Makanya, saya minta ibu bupati dan pimpinan dewan yang baru untuk mengusulkan kebutuhan apa prioritas, agar bisa didorong. Saya secara maksimal akan bantu dan support Pemerintah Kabupaten Serang untuk dapat melakukan pembangunan,” tuturnya.

Perlu anggaran khusus

Sementara, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap, tahun depan bantuan anggaran dari provinsi bisa meningkat. Sebab, ada skala prioritas yang juga menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya Pemkab Serang, itu seperti puspemkab. “Karena, puspemkab ini dampak pemekaran Kota Serang. Jadi, kami rasa Pemerintah Pusat dan provinsi punya andil untuk terbangunnya puspemkab,” katanya.

Kemudian, ujar dia, ada juga skala prioritas untuk RSDP yang telah ditetapkan sebagai RS rujukan oleh Kemenkes dan Gubernur Banten. Oleh karena itu, untuk pembangunannya harus jadi pembiayaan bersama.

“Tidak hanya dilakukan Pemkab Serang, karena yang dirujuk ke sini dari Lebak, Pandeglang, Cilegon, Kota Serang, dan Kabupaten Serang sendiri. Jadi, dengan menjadi rujukan pasien yang masuk ke sini akan banyak. Oleh karena itu, fasilitas RSDP baik soal ruangan ICU dan NICU serta peralatan kesehatannya harus disiapkan,” ucapnya.

Disinggung soal besaran usulan yang akan diajukan ke Pemprov Banten, dia belum bisa menyebutkan. Namun yang pasti usulan tersebut sangat besar. Oleh karena itu, dia memohon pertimbangan kepada Pemprov Banten.

“Kalau di provinsi bangub itu untuk pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan, kami juga tahun kemarin harus alokasi untuk tiga hal ini. Nah, yang di luar itu yang RSDP dan puspemkab kami mohon pemprov bisa menganggarkan di luar bangub,” tuturnya.

Kemudian, dia optimistis, bankeu tahun depan akan meningkat, sebab banyak dari anggota DPRD Kabupaten Serang yang kini naik kelas ke provinsi. Mereka mengetahui persoalan yang ada di Kabupaten Serang. “Jadi, mudah-mudahan bisa membawa persoalan di sini dan disuarakan di sana (pemprov) baik pemabahsan TAPD dan Banang di Banten,” katanya. 

Sumber : https://www.kabar-banten.com/untuk-pembangunan-puspemkab-serang-dan-rsdp-andika-minta-kebutuhan-dana-diinventarisir/