Untuk Perbaiki 2 Jalan Kelurahan di Curug, Pemkot Serang Anggarkan Rp 300 Juta di APBD 2020

Untuk Perbaiki 2 Jalan Kelurahan di Curug, Pemkot Serang Anggarkan Rp 300 Juta di APBD 2020

SERANG, - Dua jalan kelurahan di Kecamatan Curug, Kota Serang yakni Kelurahan Pancalaksana dan Kelurahan Sukawana akan diperbaiki pada Februari tahun ini. Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang telah mendapat laporan dari warga setempat, melalui media sosial terkait jalan yang rusak parah.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, untuk pekerjaan perbaikan jalan rusak tersebut menggunakan anggaran pemeliharaan. Sebab, pada perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 lebih besar pada pemeliharaan, sehingga pembangunan di Kota Serang bisa lebih mudah dan cepat, tanpa harus menunggu anggaran di tahun berikutnya.

“Jadi, pada 2020 ini kami menganggarkan besar dipemeliharaan. Bahkan kami menganggarkan Rp 18 miliar hanya untuk pemeliharaan. Ini juga merupakan bagian dari upaya mempercepat pembangunan di Kota Serang, terutama yang berkaitan dengan keluhan warga. Jadi tidak perlu menunggu anggaran di tahun depan,” ujarnya.

Panjang jalan yang akan diperbaiki, sekitar 1.400 meter di Kampung Kemanisan, Kelurahan Sukawana, kemudian sepanjang 800 meter di Kelurahan Pancalaksana. Namun perbaikannya tidak secara menyeluruh, melainkan sebagian jalan yang dinilai rusak parah akan ditutup sementara dengan cara pemadatan.

“Jadi yang terlihat berat atau parah jalannya akan diperbaiki dulu. Tapi, untuk pengaspalan menunggu selesai musim hujan. Jadi saat ini yang penting pemadatan dulu, sehingga jalan ini bisa dilalui oleh kendaraan dan tidak membahayakan. Mungkin Februari nanti kami mulai melakukan pengaspalan,” katanya.

Mengenai anggaran perbaikan jalan di dua kelurahan tersebut, Syafrudin menjelaskan, diperkirakan sekitar Rp 300 juta.

“Jadi sekitar Rp 300 juta itu dari anggaran pemeliharaan. Untuk pemadatannya mulai Senin nanti di dua lokasi tadi, Kampung Kemanisan, Kelurahan Sukawana, dan Kampung Bojot, Kelurahan Pancalaksana,” ujarnya.

Pemkot Serang juga akan melakukan perbaikan jalan di beberapa kelurahan yang mengalami hal serupa.

“Insyaallah apabila ada informasi dari masyarakat, nanti kami akan segera bantu perbaiki. Karena ini juga kan untuk masyarakat Kota Serang, dan keselamatan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang M Ibra Gholibi mengatakan, anggaran pemeliharaan tahun ini akan digunakan untuk pemadatan dan perbaikan jalan. Sesuai dengan instruksi dari kepala daerah, yakni Wali Kota Serang.

“Anggaran untuk pemeliharaan jalan di dua kelurahan itu sekitar Rp 300 juta. Kalau total panjang kerusakan jalan di dua lokasi tersebut, kurang lebih sekitar 500 meter. Dan kami akan mulai melakukan pekerjaannya, Senin (13/1) nanti, tapi dilakukan pemadatan dulu, pengaspalan setelah musim hujan. Karena kalau hujan sulit juga untuk melakukannya,” tuturnya.

Sumber : https://www.kabar-banten.com/untuk-perbaiki-2-jalan-kelurahan-di-curug-pemkot-serang-anggarkan-rp-300-juta-di-apbd-2020/