Update Covid-19 Banten : Dua Daerah Zona Merah, Enam Zona Oranye

Update Covid-19 Banten : Dua Daerah Zona Merah, Enam Zona Oranye

KABAR BANTEN - Peta risiko Covid-19 di delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten meningkat. Berdasarkan data per tanggal 2 September 2020, Kota dan Kabupaten Tangerang berada di zona merah.

Sedangkan enam daerah lainnya zona oranye yaitu Kota Tangsel Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

Sebelumnya, pada 1 September 2020, Kota Tangerang, Kota Tangsel, dan Kabupaten Tangerang berada di zona oranye. Sementara Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Lebak di posisi zona kuning.

"Berdasarkan hasil evaluasi penilaian 15 indikator Covid-19, terjadi perubahan zona 8 kabupaten/kota di wilayah Banten yaitu 2 zona merah yaitu Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang dan 6 zona orange di 6 kabupaten/kota lainnya," kata
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji H, melalui keterangannya kepada wartawan, Rabu 2 September 2020.

Ati menjelaskan, peningkatan status zonasi tersebut disebabkan beberapa hal. Antara lain, intensitas skrining swab yang meningkat di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Banten.

Selain itu, tidak terkendalinya mobilitas masyarakat. Kemudian, kata dia, menurunnya kesadaran masyarakat dalam disiplin penerapan protokol kesehatan.

"Belum optimalnya pelaksanaan pengetatan protokol kesehatan di berbagai sektor yaitu perkantoran, industri, dunia usaha dan pariwisata," kata Ati yang juga juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Banten ini.

Berdasarkan data Dinkes Banten per 2 September 2020, tercatat ada 2.844 kasus terkonfirmasi Covid-19. Dari jumlah tersebut 556 pasien masih dirawat dan 2.151 yang sembuh dan 137 meninggal. Sementara kontak erat sebanyak 20.616 orang, kasus suspek 15.811 orang dan 41 orang kasus probable.***

 

Sumber : https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/seputar-banten/pr-59715225/update-covid-19-banten-dua-daerah-zona-merah-enam-zona-oranye