WH Janjikan Tukin ASN Pemprov Tidak Turun

WH Janjikan Tukin ASN Pemprov Tidak Turun

RMOLBANTEN - Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berjanji tidak akan menurunkan tunjangan kinerja (Tukin) Aparatur Negeri Sipil (ASN).

Penegasan WH ini mengobati kepanikan ASN Banten yang resah dengan masukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang akan meriview besaran Tukin pegawai pemprov karena dinilai terlalu tinggi.
 
Alasan mempertahankan tunjangan tukin, kata WH, karena  APBD Banten cukup tinggi sehingga tidak perlu ada pengurangan tukin untuk para pegawai.

"Selama nggak melanggar kepatutan saya kira boleh-boleh saja. Dan nggak ada penurunan, karena Banten punya duit,” ujarnya.

Diketahui, Kemendagri beberapa waktu lalu telah melakukan kajian terhadap Pergub Nomor 02 Tahun 2019 terkait tunjangan kinerja pegawai.

Hasilnya Pemprov Banten diimbau untuk melakukan efiseinsi anggaran antara 20-30 persen.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Banten, Budi Prajogo mengaku masih menunggu hasil evaluasi terhadap APBD 2020 yang baru saja disahkan dari Kemendagri.

Ia menilai, penurunan tukin bisa terjadi selama hasil evaluasi mengarah ke arah penurunan.

"Kita tunggu hasil evaluasi. Rekomendasinya kita lihat. Kalau angka ini dianggap terlalu tinggi ya kita turunkan,” katanya.

Selain itu, Budi mengungkapkan hingga kini DPRD Banten belum mendengar rencana penurunan tukin dari Pemprov Banten.

"Belum dengar kebijakannya apakah diturunkan atau tidak,” ujarnya.
 
NWalau begitu, politisi PKS ini mengaku tak keberatan besaran Tukin yang saat ini diterima oleh pegawai.

"Menurut saya pribadi, Tukin saat ini sudah layak. Biar pegawai sejahtera, dan bekerjanya maksimal. Yang terpenting mereka tidak korupsi. Kalau Tukin  sudah besar, tapi mereka masih juga melakukan hal tidak benar, namanya kelewatan. Dan ini harus ditindak," paparnya.

Sumber : http://www.rmolbanten.com/read/2019/11/23/13193/WH-Janjikan-Tukin-ASN-Pemprov-Tidak-Turun-