• Saturday, 24 August 2019
  • Pemprov Banten Belum Siap Terapkan ASN Kerja di Rumah


    SERANG, (KB).- Pemprov Banten belum siap menerapkan pola kerja yang membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa bekerja dari rumah, seperti yang diwacanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Sebab, pelayanan yang dilakukan di Pemprov Banten masih mengandalkan tatap muka atau face to face.

    Asda III Provinsi Banten Samsir menuturkan, pola kerja yang membuat ASN bisa kerja di rumah masih sebatas wacana. Sejauh juga baru ada beberapa lembaga yang memungkinkan menerapkan pola kerja tersebut.

    “Jadikan itukan masih wacana, wacana kan mau dikaji ada di tempat lain. Sekarang kan yang sudah menjalankan itu sebagian sudah di Kementerian Keuangan, kalau tidak salah,” katanya, Selasa (13/8/2019).

    Pemprov Banten sendiri masih kesulitan untuk menerapkan pola kerja tersebut. Sebab, sebagian besar pelayanan masih dilakukan secara tatap muka. “Makanya kalau itu kita menunggu. Jadi sekarang lagi digodok seperti apa. Untuk pelayanan yang face to face mungkin sulit,” katanya.

    Tidak hanya sekarang, pola kerja seperti tersebut juga kemungkinan masih sulit diterapkan pemprov di masa yang akan datang. Ia khawatir penerapan pola kerja demikian malah akan membuat ASN malas-malasan.

    “Cuma itu mungkin itu yang sedang digodok aturan oleh menpan seperti apa. Sehingga orang benar benar apa yang dia kerjakan bisa dirumah itu seperti apa nantinya kan. Kalau sistimnya kayak sekarang ini enggak mungkin. Karena sistem pekerjaan kita sekarang itukan masih bentuknya kepada organisasi kan,” katanya.

    Sistem kerja dengan berbasis organisasi masih mengharuskan kerja kelompok. Sehingga tidak mungkin dikerjakan masing-masing di rumah.

    “Kalau yang seperti itu (ASN kerja rumah) pasti kerja masing masing. Makanya kalau kementerian keuangan dia sudah menerapkan itu. Tapi yang kerja kolektif oleh lembaga kan enggak mungkin,” katanya.

    Ia meyakini, penerapan ASN bisa kerja di rumah pasti dibarengi dengan perubahan sistem yang lain. Hal ini dilakukan agar pola kerja ini dapat berjalan efektif. (SN)*

    Sumber : https://www.kabar-banten.com/pemprov-banten-belum-siap-terapkan-asn-kerja-di-rumah/


    Tentang Kami


    Statistik Kunjungan