Wilayah Geografis Provinsi Banten

Sumber : dikutip dari buku " melangkah menuju kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan" diterbitkan oleh Biro Humas Provinsi Banten. Kondisi geografis Profvinsi Banten Terletak di Ujung Pulau Jawa, berada posisi astronomis 1050 01’ 11” - 1060 07’12” BT dan 500  7’50” – 700 1’1” LS, mempunyai batas wilayah :

 

  1. Sebelah Utara dengan Laut Jawa.
  2. Sebelah Timur dengan Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat
  3. Sebelah Selatan dengan Samudera Hindia.
  4. Sebelah Barat dengan Selat Sunda Banten memiliki keunggulan fisik geografis yang strategis, sebagai pintu gerbang Jawa-Sumatera dan  dilalui lalu lintas perdagangan Internasional.

Wilayah Provinsi Banten yang terletak di ujung barat Pulau Jawa merupakan lintasan distribusi arus barang, jasa dan penumpang terpadat dengan tingkat mobilisasi sebesar ± 60% dari total mobilisasi Nasional.

Iklim dan Topografi Wilayah Banten memiliki iklim tropis dipengaruhi oleh Angin Monson (Monson Trade) dan Gelombang La Nina atau El Nino. Musim penghujan terjadi pada bulan November-Maret, cuaca dipengaruhi oleh angina barat (dari Sumatera, Samudera Hindia sebelah selatan india) dan angina dari Asia yang melewati Laut Cina Selatan. Musim kemarau terjadi pada bulan Juni-Agustus, cuaca dipengaruhi oleh angina timur. Temperature di daerah pantai dan perbukitan berkisar antara 220 C  320 C, sedangkan suhu dipegunungan dengan ketinggian antara 400 – 1.300 m dpl mencapai antara 180 C – 290 C, dengan cuaca hujan sebesar 400ml/thn.